Sukses

Mengapa Tubuh Mudah Sakit Saat Musim Hujan?

Musim hujan datang dengan sederet penyakit yang menyertainya dan tubuh pun mudah sakit. Mengapa bisa demikian dan bagaimana cara mencegahnya?

Klikdokter.com, Jakarta Beberapa waktu belakangan, berbagai daerah di Indonesia terus diguyur hujan. Bagi sebagian orang, ini mungkin jadi waktu favorit karena saat musim hujan udara menjadi lebih sejuk. Sayangnya, musim hujan juga biasanya datang dengan rentetan penyakit. Jika daya tahan tubuh tidak terjaga dengan baik, tubuh jadi mudah sakit selama musim hujan.

Berbagai penyakit banyak bermunculan saat musim hujan tiba. Penyakit-penyakit yang sering ditemui di antaranya adalah diare, batuk, dan pilek atau yang juga disebut sebagai common cold. Tak hanya itu, penyakit yang cukup berat seperti leptospirosis, yaitu penyakit yang disebabkan oleh bakteri leptospira yang disebarkan melalui urine atau darah hewan yang terinfeksi bakteri ini, juga bisa menyerang. 

Pada dasarnya, penyakit dapat terjadi kapan saja. Namun, saat musim hujan, munculnya penyakit-penyakit seperti yang disebutkan di atas umumnya mengalami peningkatan. Selain karena penularannya yang lebih cepat dalam kondisi lembap, tubuh manusia juga cenderung lebih mudah sakit saat musim hujan. Mengapa demikian?

Ada beberapa alasan mengapa tubuh Anda mudah sakit saat musim hujan, di antaranya adalah:

  • Perubahan suhu yang ekstrem. Saat siang hari atau saat sedang tidak hujan, suhu udara umumnya cenderung panas, sementara saat hujan turun suhu mendadak mengalami penurunan. Penurunan suhu ini tentu menuntut tubuh untuk beradaptasi dan secara tidak langsung memengaruhi daya tahan tubuh.
  • Minimnya aktivitas fisik. Biasanya, cuaca mendung dan hujan membuat seseorang lebih memilih berdiam diri atau bermalas-malasan di rumah dibanding melakukan aktivitas fisik. Padahal, aktivitas fisik adalah salah satu kunci untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Gaya hidup sedenter—yaitu gaya hidup yang didominasi oleh banyak duduk atau tidak bergerak dan kurang berolahraga—saat musim hujan menyebabkan tubuh kurang bugar dan mudah terserang penyakit.
  • Kurang paparan sinar matahari. Saat musim hujan, kondisi ini memang tak terhindarkan karena sinar matahari lebih banyak tertutup awan tebal. Padahal, sinar matahari, terutama pada pagi hari, sangat baik untuk tubuh.

Manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari paparan sinar matahari yang cukup di antaranya adalah membunuh berbagai jenis virus, serta sumber vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang dan kerja berbagai enzim dalam tubuh. Bila kurang terpapar sinar matahari, daya tahan tubuh seseorang pun akan menurun.

  • Penyebaran virus dan bakteri lebih cepat. Virus dan bakteri penyebab penyakit akan lebih mudah menyebar dalam kondisi lembap. Kondisi ini dapat diperparah dengan kebiasaan berdiam diri di dalam ruangan, sehingga semakin membuat fenomena ‘ping pong’ mudah terjadi, yaitu penularan penyakit dari satu orang ke orang lain secara cepat dan berulang.

Meski tubuh dapat mudah terserang penyakit saat musim hujan, tapi bukan berarti Anda tidak bisa mencegahnya. Beberapa kiat berikut ini dapat Anda dan keluarga terapkan di rumah untuk menjaga kesehatan saat musim hujan.

  1. Konsumsi makanan sehat. Untuk menjaga kesehatan tubuh, konsumsilah makanan bergizi seimbang. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran untuk mencukupi kebutuhan serat, vitamin, dan mineral. Buah yang tinggi vitamin C dapat membantu menjaga daya tahan tubuh Anda tetap prima.
  2. Penuhi asupan cairan. Pastikan Anda minum 1,5–2 liter air per hari untuk memastikan tubuh tetap terhidrasi dengan baik.  
  3. Istirahat cukup. Tidur yang cukup akan menjaga tubuh tetap bugar dan siap beraktivitas keesokan harinya. Usahakan tidur selama 7–8 jam per hari.
  4. Hindari konsumsi makanan yang tidak higenis. Kuman penyakit ada di mana-mana selama musim hujan. Karena itu, hindari konsumsi makanan yang tidak higienis, baik dalam proses pembuatan maupun penyajiannya.
  5. Cuci tangan dengan sabun. Satu hal yang tak kalah penting adalah membiasakan diri untuk rajin mencuci tangan dengan sabun. Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa cuci tangan dengan sabun adalah cara ampuh untuk mencegah kuman penyakit. Cucilah tangan saat mandi, sebelum makan, setelah menggunakan toilet, sebelum memasak, atau setelah menyentuh binatang peliharaan dan kotorannya.

Musim hujan tidak harus selalu dibarengi dengan ‘musim penyakit’. Dengan tetap melakukan pola hidup sehat, rajin berolahraga, dan melindungi diri dari kuman dengan cara rajin mencuci tangan dengan sabun, niscaya kesehatan Anda dan keluarga tetap terjaga dan tidak mudah sakit saat musim hujan.

(RN/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar