Sukses

Gerakan Yoga untuk Jantung Sehat

Melakukan olahraga yoga dipercaya dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Apa saja gerakan yoga yang baik untuk jantung? Cek di sini.

Tak hanya baik untuk mental, yoga juga dikenal besar manfaatnya bagi kesehatan fisik. Beberapa penelitian bahkan menunjukkan melakukan yoga secara rutin dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

Olahraga asal India ini menggabungkan latihan fisik melalui gerakan dan melatih pernapasan dengan menitikberatkan pada fokus serta meditasi. Meski sederhana, gerakan yoga dipercaya baik untuk jantung karena dapat memperbaiki fungsi pernapasan dan denyut jantung.

American Heart Association merekomendasikan, selain makanan sehat, olahraga dan meditasi adalah pilihan gaya hidup untuk mencegah penyakit jantung. Kedua komponen ini bisa Anda dapatkan sekaligus melalui gerakan yoga. 

Berikut gerakan yoga untuk kesehatan jantung yang dapat Anda lakukan.

1. Tadasana (Mountain Pose)

Disebut juga pose gunung, gerakan dasar sederhana ini dilakukan hanya dengan berdiri tegak, dengan kedua kaki rapat. Namun, Anda harus fokus pada otot-otot di tubuh, sambil mengatur pernapasan.

2. Vrikshasana (Tree Pose)

Gerakan yoga untuk jantung berikutnya adalah vrikshasana atau pose pohon. Anda berdiri dengan satu kaki ditekuk dan menumpu pada paha kaki sebelahnya.

Letakkan kedua tangan ke atas untuk membantu menyeimbangkan dan fokus.

Artikel lainnya: Mengenal Jenis Yoga, Tren Sehat yang Baik untuk Tubuh!

1 dari 3 halaman

3. Trikonasana (Triangle Pose)

Pose segitiga ini merupakan gerakan yang membantu meregangkan otot ditambah pengaturan napas. Kombinasi keduanya cocok untuk mendukung kesehatan jantung. 

Caranya, buka lebar kedua kaki dan tangan Anda. Kemudian, pegang pergelangan kaki dengan menjaga posisi tersebut.

4. Veerabhadrasana (Warior Pose

Gerakan yoga untuk jantung ini dilakukan dengan menumpu pada kuda-kuda salah satu kaki. Renggangkan kedua tangan ke atas untuk melatih otot, melepas stres, dan menenangkan pikiran.

5. Uttanasana

Uttanasana adalah gerakan mencium lutut dengan mengatur napas dan pikiran yang tenang. 

6. Utkatasana (Chair Pose)

Gerakan yoga ini adalah dengan menekuk lutut seakan-akan sedang duduk, tetapi tidak ada kursi. Anda pun harus menjaga keseimbangan dan melatih otot.

7. Padangusthasana (Big Toe Pose)

Pose ini mirip dengan gerakan mencium lutut. Hanya saja gerakan ini tidak perlu sampai mencium lutut, tetapi memegang jempol kaki untuk meregangkan otot disertai pengaturan napas.

Artikel lainnya: 9 Manfaat Yoga untuk Kesehatan Mental dan Fisik Pria

2 dari 3 halaman

8. Adho Mukha Svanasana

Gerak yoga satu ini diterapkan sebagai posisi istirahat karena tubuh menjadi tenang, tapi tangan dan kaki tetap menahan beban. Gerakan yoga ini dilakukan dengan tangan lurus menumpu ke lantai dengan kaki juga lurus.

9. Janu Sirsasana

Posisi ini dilakukan dengan posisi duduk. Salah satu kaki ditekuk dan satunya lurus, lalu pegang pergelangan kaki yang lurus. Jangan lupa atur pernapasan agar manfaat gerakan yoga untuk jantung semakin terasa.

10. Setu Bandha Savangasana (Bridge Pose)

Gerakan ini dimulai dengan posisi berbaring. Kemudian, tekuk kedua lutut sehingga kaki menumpu ke lantai. Selanjutnya, dorong perut ke arah atas sehingga berpose mirip jembatan.

11. Marjariasana (Cat Pose)

Gerakan yoga satu ini adalah posisi santai dengan menumpu pada lutut dan tangan. Kemudian, regangkan punggung Anda ke arah belakang.

12. Bhujangasana (Cobra Pose)

Disebut juga posisi kobra, mulai gerakan ini dengan posisi telungkup. Dorong tubuh Anda menggunakan kedua tangan, lalu tarik kepala ke arah belakang sehingga otot-otot dada teregang.

13. Salamba Sarvangasana 

Mungkin Anda mengenal posisi ini dengan nama sikap lilin. Gerakan ini dikenal sebagai gerakan yoga untuk jantung karena dengan posisi kaki yang tinggi dari jantung dapat membantu melancarkan sirkulasi.

14. Sukhasana (Easy Pose)

Setelah sekian banyak gerakan yoga untuk jantung, Anda dapat mengakhiri gerakan dengan sukhasana atau posisi tenang. Gerakan ini dilakukan dengan duduk tenang, kaki dilipat, mengatur napas, dan menenangkan pikiran.

Demikianlah 14 gerakan yoga untuk jantung yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Jika Anda baru saja mengenal yoga, konsultasikan dengan pelatih mengenai kondisi kesehatan Anda. Cobalah beberapa kelas yoga yang berbeda hingga menemukan yang paling sesuai.

Konsultasikan kondisi kesehatan Anda dengan dokter melalui layanan Live Chat di aplikasi Klikdokter.

[HNS/JKT]

0 Komentar

Belum ada komentar