Kulit

Ragam Manfaat Buah Mengkudu untuk Wajah Mulus dan Sehat

dr. Valda Garcia, 16 Jul 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Ada banyak manfaat buah mengkudu untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Apa saja khasiatnya tersebut? Yuk, simak di sini.

Ragam Manfaat Buah Mengkudu untuk Wajah Mulus dan Sehat

Mengkudu atau Morinda citrifolia banyak tumbuh di Asia Tenggara dan Australia. Sudah bukan rahasia bahwa mengkudu adalah buah yang dapat mengeluarkan aroma yang tidak sedap, bahkan membuat ingin muntah. 

Selain itu, buah mengkudu juga memiliki tekstur kulit yang kasar dan tampak banyak bentol-bentol. Ini semakin membuat orang-orang yang melihatnya merasa terganggu.

Namun, di balik rasa dan penampilan yang kurang menarik, buah mengkudu ternyata menyimpan beragam khasiat, khususnya untuk kulit wajah. 

Manfaat buah mengkudu untuk wajah ini bisa ada berkat kandungan di dalam mengkudu, seperti vitamin, mineral, dan antioksidan. 

Manfaat Mengkudu untuk Wajah

Nah, berikut adalah beberapa manfaat buah mengkudu untuk kulit wajahmu:

1. Mencegah Keriput

Kandungan buah mengkudu yang dapat mencegah keriput adalah antrakuinon. Senyawa ini dapat memicu pembentukan kolagen, yang diperlukan untuk menjaga elastisitas kulit. 

Sebuah studi ilmiah menyebutkan bahwa konsumsi ekstrak mengkudu dapat mencegah terjadinya penuaan dini pada kulit.

Artikel Lainnya: Jus Mengkudu, Apa Manfaatnya untuk Kesehatan?

2. Membantu Menjaga Sel Kulit

Mengkudu juga bermanfaat untuk menjaga sel kulit wajah. Ini berkat kandungan asam lemak esensial dan zat peroxironine di dalamnya, yang mampu melindungi dan memperbaiki sel yang rusak. 

Tak hanya itu, vitamin C serta antioksidan yang terkandung di dalam mengkudu bisa membantu mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas yang berasal dari makanan dan polusi udara.

3. Mencerahkan Wajah

Salah satu manfaat buah mengkudu untuk kecantikan adalah dapat membantu mencerahkan wajah. 

Mengkudu memang tidak secara langsung memutihkan kulit. Namun, kandungan vitamin C dan antioksidan di dalamnya dapat membantu mencerahkan kulit wajah.  

Perlu dipahami bahwa warna kulit tidak menjamin kesehatan atau kecantikan seseorang. Namun, jika kulit cerah dan sehat, pastinya berasal dari kondisi kulit yang terpenuhi kebutuhan vitaminnya.

4. Menghilangkan Flek Hitam

Telah dijelaskan pada beberapa poin di atas, kandungan vitamin dalam buah mengkudu dapat membantu memenuhi kebutuhan kulit agar tetap terjaga sehat. 

Kandungan vitamin C dan antioksidan dapat membantu mencerahkan kulit sekaligus menghilangkan flek hitam

Flek hitam biasanya muncul akibat paparan sinar matahari. Karena itu, kombinasikan konsumsi mengkudu dengan penggunaan sunscreen untuk menyamarkan bintik hitam. 

5. Membantu Penyembuhan Berbagai Penyakit Kulit

Mengkudu sangat bermanfaat untuk kulit wajah, karena memiliki efek antibakteri dan antiradang. 

Inilah yang membuatnya dapat membantu proses penyembuhan penyakit kulit, seperti eksim, luka bakar derajat ringan, ruam kemerahan karena alergi, dan infeksi jamur.  

Perlu diingat bahwa dalam kondisi ini, mengkudu hanya berperan sebagai penyokong dari obat-obatan yang diberikan, bukan sebagai terapi utama.

Artikel Lainnya: Ibu Hamil Sebaiknya Hindari Makan Mengkudu, Ini Alasannya

Cara Menggunakan Mengkudu untuk Perawatan Wajah

Agar manfaat buah mengkudu untuk wajah dapat dirasakan dengan lebih optimal, berikut ini beberapa tips yang bisa kamu ikuti.

  • Dibuat Jus

Kamu dapat mengolah mengkudu menjadi jus. Agar lebih sehat, hindari menambahkan gula atau bahan lainnya secara berlebihan.

Kamu juga bisa mencampurkan mengkudu dengan buah-buahan lainnya untuk dijus, seperti pisang, apel, nanas, dan lainnya. 

  • Dibuat Masker Wajah

Buah mengkudu juga dapat digunakan sebagai masker wajah. Kamu dapat memotong atau menghaluskan buah tersebut, lalu ditempelkan pada wajah. 

Ada beberapa produk masker yang menggunakan ekstrak buah mengkudu. Ini bisa menjadi pilihan bagi kamu yang mungkin tidak punya waktu untuk mengolahnya sendiri.

Diamkan selama 15 hingga 30 menit, dan bilas dengan air mengalir setelahnya.

  • Dibuat Scrub

Jus buah mengkudu yang masih kasar dapat kamu buat sebagai scrub kulit. Oles scrub mengkudu tersebut ke bagian kulit yang kamu inginkan. 

Gosok perlahan dengan menggunakan kain bersih. Setelah itu, diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air. 

Manfaat buah mengkudu untuk wajah sudah tidak diragukan lagi. Untuk merasakan manfaat tersebut, kamu dapat mengonsumsi buah ini dalam bentuk jus atau diaplikasikan langsung sebagai masker wajah. 

Ingin tahu lebih lanjut mengenai manfaat buah mengkudu, atau cara lain yang bisa dilakukan untuk mewujudkan kulit wajah yang sehat? Tanya langsung secara online kepada dokter via Live Chat di aplikasi KlikDokter.

[RS]

kesehatan kulitbuahmengkudu

Konsultasi Dokter Terkait