Sukses

Ragam Manfaat Buah Mengkudu untuk Wajah Mulus dan Sehat

Meski memiliki bentuk dan rasa yang tidak biasa, buah mengkudu ternyata bisa bermanfaat untuk mewujudkan kulit wajah yang sehat. Ini fakta selengkapnya.

Anda pasti sudah tidak asing dengan buah mengkudu, bukan? Rasanya yang tidak biasa membuat banyak orang menghindari buah ini. Di balik itu, tahukah Anda bahwa sebenarnya buah mengkudu bisa memberikan beragam manfaat untuk kecantikan kulit wajah?

Mengkudu atau Morinda citrifolia termasuk dalam kelompok tanaman kopi-kopian. Buah ini memiliki banyak sebutan, mulai dari buah pace, kura, dan noni, serta banyak tumbuh di Asia Tenggara dan Australia. Sudah bukan rahasia bahwa mengkudu adalah buah yang dapat mengeluarkan aroma yang tidak sedap, bahkan membuat ingin muntah. 

Tak heran, buah ini juga dijuluki sebagai vomit fruit alias buah yang bikin mual dan ingin muntah. Selain itu, buah mengkudu juga memiliki tekstur kulit yang kasar dan tampak banyak bentol-bentol. Ini semakin membuat orang-orang yang melihatnya merasa terganggu.

Namun, di balik rasa dan penampilan yang kurang menarik, mengkudu ternyata menyimpan beragam manfaat kesehatan, khususnya untuk kulit wajah Anda. Manfaat ini bisa ada berkat kandungan buah mengkudu, yang termasuk vitamin, mineral dan antioksidan.

Artikel Lainnya: Catat, 4 Manfaat Aprikot untuk Kesehatan Kulit

1 dari 3 halaman

Manfaat Mengkudu untuk Wajah

Berikut ini adalah beberapa manfaat buah mengkudu untuk wajah yang sehat:

  1. Mencegah Keriput

Kandungan buah mengkudu yang dapat mencegah keriput adalah antrakuinon. Senyawa ini dapat memicu pembentukan kolagen, yang diperlukan untuk menjaga elastisitas kulit. 

Sebuah studi ilmiah menyebutkan bahwa konsumsi ekstrak mengkudu dapat mencegah terjadinya penuaan dini pada kulit.

  1. Membantu Menjaga Sel Kulit

Manfaat buah mengkudu untuk wajah yang lainnya adalah membantu menjaga sel kulit. Kandungan asam lemak esensial dan zat peroxironine dalam mengkudu dapat melindungi dan memperbaiki sel yang rusak, termasuk sel kulit. 

Tak hanya itu, vitamin C serta antioksidan yang terkandung di dalam mengkudu juga dapat membantu mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas yang berasal dari makanan dan polusi udara.

  1. Membantu Penyembuhan Berbagai Penyakit Kulit

Mengkudu memiliki efek antibakteri dan antiradang. Inilah yang membuatnya dapat membantu proses penyembuhan penyakit kulit, seperti eksem, luka bakar derajat ringan, ruam kemerahan karena alergi, dan infeksi jamur.  

Perlu diingat bahwa dalam kondisi ini, mengkudu hanya berperan sebagai penyokong dari obat-obatan yang diberikan, bukan sebagai terapi utama.

Artikel Lainnya: Mana yang Lebih Baik, Scrub Gula atau Scrub Garam?

2 dari 3 halaman

Cara Menggunakan Mengkudu untuk Perawatan Wajah

Agar manfaat buah mengkudu untuk wajah dapat dirasakan dengan lebih optimal, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda ikuti.

  • Dibuat Jus

Buah mengkudu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Anda dapat mengonsumsi buah ini dengan dibuat sebagai jus untuk langsung diminum. 

Agar manfaat buah mengkudu untuk wajah dapat lebih terasa, hindari menambah gula atau bahan lainnya secara berlebihan.

  • Dibuat Masker Wajah

Buah mengkudu juga dapat digunakan sebagai masker wajah. Anda dapat memotong atau menghaluskan buah tersebut, lalu ditempelkan pada wajah. 

Diamkan selama 15 hingga 30 menit, dan bilas dengan air mengalir setelahnya.

  • Dibuat Scrub

Jus buah mengkudu yang masih kasar dapat Anda buat sebagai scrub kulit. Oles scrub mengkudu tersebut ke bagian kulit yang Anda inginkan. 

Gosok perlahan dengan menggunakan kain bersih. Setelah itu, diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air. 

Manfaat buah mengkudu untuk wajah sudah tidak diragukan lagi. Untuk merasakan manfaat tersebut, Anda dapat mengonsumsi buah ini dalam bentuk jus atau diaplikasikan langsung sebagai masker wajah. 

Masih ingin tahu lebih lanjut mengenai manfaat buah mengkudu, atau cara lain yang bisa dilakukan untuk mewujudkan kulit wajah yang sehat? Tak perlu sungkan untuk bertanya langsung pada dokter melalui Live Chat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

(NB/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar