Sukses

Ini Akibatnya Jika Salah Pilih Popok Dewasa

Penggunaan popok dewasa harus memperhatikan berbagai aspek. Jika salah pilih, berbagai gangguan kesehatan bisa saja terjadi.

Klikdokter.com, Jakarta Gangguan buang air kecil atau inkontensia urine bisa dialami oleh siapa saja. Tidak hanya orang yang sudah lanjut usia, tetapi yang masih usia belia. Kondisi ini sangat menurunkan performa, bahkan bisa mengganggu kualitas hidup penderitanya. Berita baiknya, gangguan buang air kecil bisa ditanggulangi dengan penggunaan popok dewasa.

Namun untuk mendapatkan manfaat yang mumpuni, pemilihan popok dewasa harus benar-benar tepat dan sesuai. Karena jika tidak, ini dampak negatifnya:

  1. Iritasi kulit

Iritasi kulit terjadi akibat ukuran popok dewasa yang digunakan tidak sesuai. Hal ini menjadi semakin parah jika popok yang digunakan juga tidak dapat menyerap cairan dengan baik.

Iritasi kulit rentan terjadi pada bagian perekat popok, karet popok dan bagian bokong. Jika popok terpasang terlalu erat, kulit perut akan tergesek dan menyebabkan iritasi.

Selain itu, kondisi lembap pada popok juga dapat meningkatkan risiko ruam popok. Tentunya hal ini akan menyebabkan permasalahan kesehatan yang baru.

  1. Ruam

Jika popok yang dipilih tidak mampu menyerap urine dengan baik, maka area kemaluan akan menjadi mudah lembap. Hal ini meningkatkan risiko terjadinya ruam pada kulit, apalagi jika popok yang digunakan tidak diganti secara berkala.

  1. Gatal

Kulit gatal dapat terjadi bila popok dewasa yang dipilih tidak memiliki bahan yang lembut dan baik. Jika keadaan tersebut dibiarkan tanpa penanganan, gangguan lain seperti luka atau infeksi tak bisa dihindari lagi. Kulit gatal akibat salah pilih popok dewasa rentan terjadi pada orang tua, dengan kondisi tirah baring (bed rest) yang lama.

Agar kondisi di atas tidak terjadi, periksa popok dewasa yang digunakan setidaknya setiap 3 jam sekali. Segera ganti dengan yang baru jika kondisi popok yang digunakan sudah basah. Dalam satu hari, biasanya popok dewasa perlu diganti hingga 8 kali.

Memilih Popok Dewasa yang Tepat

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan popok dewasa yang tepat:

  1. Memiliki nomor Depkes

Produk popok dewasa yang layak dan aman digunakan memiliki nomor Departemen Kesehatan (Depkes) pada kemasannya.

  1. Teruji klinis

Popok dewasa yang aman digunakan adalah yang sudah teruji klinis oleh lembaga kesehatan terpercaya.

  1. Ukuran

Memilih ukuran popok dewasa yang sesuai adalah hal penting yang harus diperhatikan. Ini karena ukuran popok yang tidak sesuai membuat popok tersebut tidak berfungsi secara maksimal.

Ukuran popok dewasa yang pas ditentukan dari lingkar pinggang pengguna. Anda dapat mengetahui ukuran popok yang sesuai dengan melihatnya pada kemasan produk.

  1. Bahan

Pastikan popok dewasa yang Anda beli memiliki bahan selembut kain, dan memiliki  sirkulasi udara yang baik.

Popok dewasa sangat membantu mereka yang kesulitan menahan buang air kecil. Namun fungsi ini baru bisa didapatkan jika Anda memilih popok dewasa yang tepat. Karena itu, jangan sampai salah pilih, ya!

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar