Sukses

Kiat Memilih Kosmetik untuk Kulit Kering

Kulit kering membuat riasan sulit menempel dan terlihat kurang rata. Ini cara memilih kosmetik yang tepat untuk jenis kulit ini.

Klikdokter.com, Jakarta Serba salah memang punya kulit kering. Rasanya kencang, tertarik, seperti memakai topeng. Jika sedang parah-parahnya, kulit bisa perih, bahkan mengelupas. Pastinya jadi menyusahkan  ketika harus menggunakan kosmetik.

Memiliki kulit yang terlalu kering memang menyulitkan penggunaan kosmetik. Kosmetik membutuhkan sedikit minyak atau kelembapan di kulit agar lebih mudah menempel dan tahan lama. Pada kulit kering, tentunya kosmetik akan menjadi sulit menempel.

Selain itu, bercak-bercak kulit yang lebih kering dan mengelupas dapat membuat kosmetik menjadi tidak rata dan tidak indah dipandang.

Apa yang harus dilakukan oleh pemilik kulit kering agar kosmetik tampak indah dan tahan lama di wajah?

Kuncinya adalah pelembap

Agar kosmetik menempel dengan lebih baik dan tahan lama, Anda harus menambah kelembapan kulit wajah. Caranya adalah dengan menggunakan pelembap. Anda juga harus rajin minum air putih, setidaknya 2 liter sehari, agar kulit pun terjaga hidrasinya.

Setelah mencuci wajah dan mengeringkannya, Anda dapat menggunakan pelembap. Namun, pastikan wajah Anda masih cukup lembap ketika mengoleskannya.

Anda dapat menggunakan dua jenis pelembap. Pertama adalah humektan, yang bermanfaat untuk menarik air ke dalam kulit. Salah satu contoh pelembap yang berjenis humektan adalah yang mengandung asam hialuronat. Asam hialuronat dapat ditemukan di gel, losion, krim, atau toner (jenis hydrating toner).

Setelah kadar air di kulit terjaga, Anda dapat membantu melembapkannya dengan pelembap jenis emolien. Jenis ini umumnya berupa minyak, seperti squalane, minyak kelapa, dan ceramide. Jenis ini banyak ditemukan di pelembap yang berbentuk krim atau minyak.

Setelah menggunakan pelembap, jangan lupa untuk selalu mengoleskan tabir surya, minimal SPF 30, agar kulit terhindar dari pengaruh buruk sinar ultraviolet matahari.

Memilih foundation

Untuk acara penting, Anda dapat menggunakan foundation atau alas bedak. Namun, untuk riasan sehari-hari, akan lebih baik jika Anda menggunakan BB cream yang lebih ringan.

Pilihlah alas bedak berbentuk cair atau cream. Hindari yang berbentuk padat atau bedak karena dikhawatirkan dapat membuat kulit Anda menjadi semakin kering, bahkan menonjolkan garis halus di wajah Anda.

Sebaiknya Anda juga memilih alas bedak dengan hasil akhir dewy, satin, atau “basah” ketimbang matte karena dapat membuat kulit terlihat lebih kering.

Pentingkah bedak dan lip balm bagi kulit kering?

Kulit kering tidak terlalu memerlukan bedak, karena bedak dapat menyerap minyak atau kelembapan dari kulit Anda, yang memang kurang lembap. Anda tidak perlu mengenakan bedak, tetapi Anda dapat membawa bedak padat atau tabur kecil di tas untuk touch up jika lama-kelamaan terdapat minyak berlebih di zona T.

Jika kulit wajah Anda kering, pada umumnya kulit bibir Anda pun kering. Apabila bibir Anda kering, sebaiknya gunakan lip balm terlebih dahulu sebelum mengenakan lipstik. Dengan demikian, kelembapan bibir Anda akan terjaga.

Jika tidak mengenakan lip balm, hindari penggunaan lipstik matte yang tahan lama dan dapat membuat bibir makin kering dan mengelupas. Sebaliknya, gunakan lip cream atau lipstik satin yang dapat memberikan kelembapan ekstra pada bibir.

Nah, itu dia poin-poin penting yang harus diperhatikan dalam pemakaian kosmetik untuk kulit kering. Semoga membantu, ya!

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar