Sukses

Olahraga Seru Ini Bisa Anda Lakukan bersama Balita

Penting untuk menanamkan kebiasaan olahraga sejak dini pada si Kecil. Berikut jenis olahraga yang bisa Anda lakukan bersama balita.

Olahraga merupakan aktivitas yang baik bagi kesehatan jasmani dan rohani. Salah satu cara yang disarankan dalam berolahraga adalah dilakukan bersama-sama teman atau keluarga.

Selain sehat bersama, berolahraga bersama juga menambah kedekatan dan motivasi Anda. Tidak hanya bersama orang dewasa, beberapa jenis olahraga seru juga bisa Anda lakukan bersama si Kecil yang balita.

Kegiatan olahraga dapat membuat anak terbiasa dengan hidup sehat, serta mendidiknya untuk menyukai olahraga secara tidak langsung. Jika ingin anak gemar berolahraga, Anda juga harus mencontohkan hal yang sama kepadanya, karena anak akan meniru orang tuanya terlebih dulu sebelum meniru lingkungan sekitarnya.

Ada banyak manfaat olahraga bagi kesehatan balita, seperti melatih motorik, meningkatkan kesehatan jantung, melancarkan aliran darah, mencegah berat badan berlebih, dan tentunya menunjang tumbuh kembangnya. Lalu, apa saja olahraga untuk balita yang seru dan menyenangkan?

1 dari 5 halaman

1. Jogging

Jogging adalah olahraga yang praktis dan mudah dilakukan karena tidak membutuhkan alat tambahan apa pun selain sepatu. Jika anak Anda masih balita kecil, Anda bisa melakukan jogging dengan membawa serta anak Anda di stroller dan mendorongnya sambil jogging.

Pada balita yang lebih besar, apabila anak Anda mau ikut berlari bersama, berikan kesempatan itu tanpa memaksakan karena pastinya kemampuan dan stamina anak berbeda dengan Anda. Jika anak sudah lelah, Anda bisa menyiasatinya dengan menggendongnya untuk menambah beban latihan Anda.

Artikel Lainnya: 6 Manfaat Olahraga untuk Tumbuh Kembang Anak

2. Berenang

Bermain air adalah kegiatan yang disenangi oleh setiap anak. Dalam kesempatan ini, jangan sia-siakan kesempatan untuk berolahraga bersama.

Caranya, letakkan anak di pelampung kemudian sambil berenang Anda bisa mendorong anak. Sesekali berikan candaan dengan cipratan air yang dapat mencegah anak Anda merasa bosan.

2 dari 5 halaman

3. Bersepeda

Bersepeda bersama tentunya menyenangkan buat si Kecil karena bisa sambil melihat pemandangan di sekitarnya.

Caranya adalah Anda bisa membonceng anak atau menggunakan sepeda tandem. Selain itu, jika anak sudah bisa naik sepeda sendiri, maka Anda dapat bersepeda bersama dirinya.

4. Lompat Tali

Lompat tali merupakan jenis olahraga aerobik yang banyak membakar kalori, namun cukup praktis karena hanya membutuhkan tali untuk dijadikan alat.

Buatlah lompat tali menjadi sebuah permainan menarik untuk anak Anda yang masih balita Anak tentunya akan menyukai olahraga ini, karena bisa melompat-lompat dan menjadi ajang adu kekuatan. Selain itu, lompat tali juga baik untuk melatih koordinasi dan keseimbangan anak Anda.

 Artikel Lainnya: Waktu Terbaik untuk Mengenalkan Olahraga pada Anak

3 dari 5 halaman

5. Bermain Bola

Bermain bola bersama anak tidak harus menggunakan taktik. Yang penting, anak bergerak aktif dan senang saat melakukannya. Selain main oper-tendang bola, main lempar-tangkap bola juga bisa jadi alternatif tergantung jenis bolanya.

6. Memanjat

Meskipun terdengar membahayakan, olahraga memanjat adalah kegiatan yang sangat seru untuk dilakukan bersama. Saat ini sudah banyak tempat olahraga atau taman yang menyediakan fasilitas memanjat.

4 dari 5 halaman

7. Menari

Jangan salah, menari juga tergolong olahraga dan sangat seru jika dilakukan bersama anak Anda yang balita. Tinggal pasang lagu atau video, lalu Anda dan anak dapat menirukan gerakan tari. Menari juga bagian dari stimulasi untuk melatih koordinasi dan motorik si Kecil.

Usia balita adalah usia terbaik membentuk anak. Jangan sedikitpun meremehkan manfaat olahraga bagi balita. Selain bermanfaat untuk kesehatan fisik, olahraga sejak dini juga baik untuk meningkatkan kecerdasan anak, membangun rasa percaya diri, hingga mengajarkan kerja sama.

Selain itu, secara tidak langsung Anda juga telah mengajarkan pola hidup sehat pada anak sejak dini. Jika masih memiliki pertanyaan seputar jenis olahraga yang tepat untuk balita, bisa berkonsultasi kepada dokter kami melalui fitur Live Chat 24 jam di aplikasi KlikDokter. Salam sehat!

[FY]

0 Komentar

Belum ada komentar