Sukses

Manfaat Mikrodermabrasi untuk Wajah Sehat dan Cantik

Mikrodermabrasi adalah salah satu perawatan wajah yang terbukti bermanfaat. Apa saja manfaat mikrodermabrasi untuk wajah? Simak penjelasan selengkapnya di sini.

Sebagian besar orang, khususnya kaum hawa, ingin memiliki kulit wajah cerah, halus, dan bercahaya. Untuk mencapainya, banyak usaha yang bisa dilakukan, salah satunya dengan melalui prosedur mikrodermabrasi.

Mikrodermabrasi merupakan suatu metode peremajaan kulit yang cukup populer di dunia kecantikan. Metode ini memberikan hasil yang memuaskan karena dapat memperbarui tampilan kulit dengan membuatnya menjadi lebih cerah bila dilakukan dengan rutin.

 

1 dari 5 halaman

Apa Itu Mikrodermabrasi?

Mikrodermabrasi termasuk ke dalam tindakan invasif minimal sehingga tidak menimbulkan luka yang besar. Tindakan ini berfungsi untuk memperbarui warna dan tekstur kulit.

Selain itu, prosedur ini juga kerap digunakan untuk mengatasi berbagai permasalahan lain, seperti kulit rusak akibat sinar matahari, kerutan halus, flek hitam, bekas jerawat, dan melasma (bercak kehitaman di kulit karena pengaruh hormonal).

Metode ini menggunakan aplikator khusus dengan permukaan yang sifatnya abrasif (mengikis) dan secara lembut dapat membersihkan bagian kulit paling luar untuk memicu peremajaannya.

Ada beberapa partikel yang digunakan saat melakukan mikrodermabrasi, mulai dari aluminium oxide atau sodium bikarbonat dengan suction.

Artikel Lainnya: Berbagai Cara untuk Menghilangkan Bekas Kudis

2 dari 5 halaman

Manfaat Mikrodermabrasi untuk Wajah

Metode mikrodermabrasi yang dilakukan secara rutin dapat memberikan sejumlah manfaat bagi kulit. Berikut adalah beberapa manfaat mikrodermabrasi untuk wajah, yaitu:

  1. Mengurangi Kerutan Halus di Wajah

Salah satu alasan utama seseorang melakukan mikrodermabrasi adalah untuk mengurangi tampilan kerutan di wajah yang diakibatkan oleh proses penuaan, stres, dan paparan sinar matahari.

Sebuah studi menunjukkan bahwa melakukan mikrodermabrasi sebanyak satu kali per minggu dapat membuat kulit lebih cerah dan menurunkan tampilan kerutan di wajah.

  1. Memudarkan Bekas Jerawat

Mikrodermabrasi memang tidak disarankan untuk dilakukan saat kulit wajah yang sedang meradang akibat jerawat. Namun, saat peradangan jerawat sudah berhenti dan tersisa bekasnya, Anda dapat melakukan mikrodermabrasi untuk mengurangi atau memudarkan bekas jerawat tersebut.

Artikel Lainnya: Wajah Bopeng Kembali Mulus, Ini Caranya

  1. Mencerahkan Kulit Wajah

Sel kulit mati merupakan cikal-bakal kulit kusam. Masalah ini dapat diatasi dengan melakukan mikrodermabrasi secara rutin. Metode ini dapat mengangkat sel kulit mati yang kemudian akan merangsang pembentukan sel kulit baru.

  1. Menghaluskan Tekstur Wajah

Salah satu masalah yang sering dikeluhkan para wanita adalah tekstur kulit wajah yang tidak mulus. Hal ini dapat diatasi dengan melakukan mikrodermabrasi karena metode ini mirip seperti ”mengampelas” kulit wajah. Hasilnya, kulit akan semakin halus dan bersinar.

  1. Menyamarkan Hiperpigmentasi

Manfaat mikrodermabrasi berikutnya adalah dapat membantu menyamarkan hiperpigmentasi atau bercak kehitaman di kulit wajah akibat penuaan atau kondisi hormonal seperti melasma.

Artikel Lainnya: Bagaimana Cara Menghilangkan Kerutan di Ujung Mata?

3 dari 5 halaman

Kelebihan Mikrodermabrasi

Sebenarnya, mikrodermabrasi bukanlah satu-satunya metode yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan manfaat-manfaat di atas. Akan tetapi, mikrodermabrasi kerap dipilih karena memiliki sejumlah kelebihan berikut ini:

  1. Aman

Karena sifatnya yang minimal invasif, mikrodermabrasi terbilang cukup aman untuk dilakukan. Iritasi yang ditimbulkan pun sangat minim sehingga tidak memerlukan waktu lama untuk pemulihan.

  1. Cepat dan Mudah

Tindakan mikrodermabrasi biasanya tidak memakan waktu lama. Anda memerlukan waktu sekitar 30 menit saja untuk melakukannya.

  1. Relatif Murah

Bila dibandingkan dengan perawatan lain seperti laser, mikrodermabrasi terbilang murah dengan hasil yang cukup memuaskan.

  1. Tidak Menimbulkan Nyeri Parah

Tindakan mikrodermabrasi hanya sedikit menimbulkan rasa nyeri sehingga Anda tidak memerlukan anestesi lokal di wajah saat pengerjaannya.

  1. Efektif

Meski murah, mudah, cepat, dan minimal invasif, mikrodermabrasi memberikan hasil yang cukup efektif untuk mencapai berbagai manfaat bagi kulit wajah.

Artikel Lainnya: Cara Menghilangkan Bekas Cacar Air yang Efektif

4 dari 5 halaman

Perhatikan ini Saat Hendak Mikrodermabrasi

Meski terbilang aman dan mudah, Anda tak boleh sembarangan melakukan tindakan mikrodermabrasi. Beberapa hal yang wajib diperhatikan antara lain adalah:

  • Pilih Tenaga Professional

Sebelum melakukan mikrodermabrasi, Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit. Tindakan ini sebaiknya dilakukan oleh dokter kulit yang memang ahli dan profesional. Saat konsultasi, dokter dapat menilai kondisi kulit dan menentukan perawatan yang tepat.

  • Adanya Efek Samping

Layaknya tindakan medis lainnya, mikrodermabrasi memiliki sejumlah efek samping yang terbilang ringan. Efek samping tersebut bisa berupa sedikit bengkak dan kemerahan. Akan tetapi, hal ini biasanya akan menghilang dalam waktu cepat.

  • Gunakan Pelembap dan Tabir Surya

Selesai melakukan tindakan mikrodermabrasi, hal yang penting untuk dilakukan adalah memastikan kulit selalu terhidrasi dengan menggunakan pelembap. Selain itu, selalu gunakan tabir surya khususnya saat Anda beraktivitas di luar ruangan.

Bila Anda ingin memiliki kulit yang lebih cerah, halus, dan terawat, mikrodermabrasi dapat jadi salah satu alternatif pilihan. Manfaat mikrodermabrasi untuk wajah cukup banyak dan telah teruji secara medis.

Namun, perlu diingat untuk selalu berkonsultasi dengan dokter kulit terlebih dahulu sebelum mendapatkan tindakan mikrodermabrasi agar hasilnya benar-benar optimal. Cari tahu informasi atau tips perawatan kulit lainnya dengan membaca artikel di aplikasi Klikdokter.

(OVI/JKT)

3 Komentar