HomeInfo SehatOtot dan SendiNyeri Sendi, Kapan Perlu Konsumsi Suplemen?
Otot dan Sendi

Nyeri Sendi, Kapan Perlu Konsumsi Suplemen?

dr. Nadia Octavia, 09 Feb 2018

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Jenis suplemen tertentu dapat membantu mengatasi keluhan nyeri sendi. Kapan suplemen ini perlu dikonsumsi?

Nyeri Sendi, Kapan Perlu Konsumsi Suplemen?

Nyeri sendi merupakan keluhan yang sering dianggap sepele. Padahal, gejala yang terjadi akibat keluhan ini dapat sangat menganggu aktivitas, bahkan menurunkan kualitas hidup penderitanya.

Perlu Anda ketahui, nyeri sendi paling sering disebabkan oleh proses peradangan pada sendi alias artritis. Selain nyeri, gejalanya juga dapat berupa pembengkakan dan kaku sendi, serta demam.

Jika gejala-gejala tersebut muncul, agar  tidak semakin memburuk Anda dianjurkan untuk minum suplemen, cukup istirahat, serta mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang.

Beberapa suplemen yang dapat dikonsumsi oleh penderita artritis dengan keluhan nyeri sendi, di antaranya:

  • Glukosamin

Suatu penelitian melaporkan bahwa 80% penderita pengapuran sendi atau osteoartritis yang mengonsumsi glukosamin dan chondroitin sulfat mengalami penurunan rasa nyeri.

Sejalan dengan itu, studi lain yang dipublikasikan di jurnal Arthritis and Rheumatism pada tahun 2011 menemukan bahwa rasa nyeri dan kaku sendi pada penderita osteoartritis yang rutin mengonsumsi glukosamin dan chondroitin berkurang.

  • Omega-3

Omega-3 merupakan asam lemak yang dibutuhkan oleh tubuh, dan secara alami dapat diperoleh dari ikan sarden, mackerel, dan anchovy.  Studi yang dilakukan oleh Harvard University menyebutkan, omega-3 dapat berperan sebagai agen anti-inflamasi atau anti-peradangan, sehingga dapat membantu mengurangi gejala nyeri akibat radang sendi (artritis).

Suplemen-suplemen di atas memang terbukti dapat mengurangi tingkat keparahan nyeri sendi. Namun sebelum mengonsumsinya, ada baiknya Anda berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter. Ini untuk menentukan jumlah dosis dan jenis suplemen yang sesuai dengan kondisi Anda.

(NB/ RH)

SuplemenArtritisNyeri Sendi

Konsultasi Dokter Terkait