Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Jangan Biasakan Multitasking Saat Makan Siang, Ini Alasannya

Jangan Biasakan Multitasking Saat Makan Siang, Ini Alasannya

Setelah berkutat dengan setumpuk pekerjaan, seharusnya jam istirahat Anda gunakan sebaik-baiknya. Sayangnya, banyak orang sering makan sambil bekerja, padahal ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Padatnya kesibukan dan rutinitas sehari-hari sering membuat kita melakukan berbagai kegiatan bersamaan atau multitasking. Salah satunya adalah makan sambil bekerja. 

Nyatanya, seorang ahli gizi mengatakan bahwa kebiasaan makan sambil bekerja ini justru tidak dianjurkan, karena dapat memberikan dampak buruk untuk kesehatan. Anda berisiko terkena berbagai penyakit jika terus-menerus kerja sambil makan. Mari simak selengkapnya dalam artikel berikut.

1 dari 3 halaman

Makan Sambil Kerja Picu Obesitas?

Ketika makan sambil beraktivitas, terkadang Anda lupa bahwa makanannya sudah habis dan tidak sadar berapa banyak makanan yang sudah dikonsumsi. Akibatnya, Anda tidak merasa kenyang, bahkan cenderung menambah porsi makan.

Hal ini akan memicu orang untuk makan lebih banyak dari porsi biasanya. Dengan berat badan yang tidak terkendali, hal ini dapat mencetuskan terjadinya obesitas.

Tak hanya itu, berkumpul bersama teman-teman atau hanya sekadar membaca koran dan bermain gawai saat jam makan siang juga akan meningkatkan risiko terkena obesitas.

Pasalnya, saat mengobrol bersama teman tentu lebih seru bila ada kudapan yang menemani. Dan ketika obrolan belum selesai, Anda cenderung ingin menambah kudapan. Hal inilah yang menyebabkan kenaikan berat badan yang signifikan.

Artikel lainnya: Suka Bekerja Multitasking? Jangan Dibiasakan, Ini Dampak Buruknya

Sebuah penelitian mengatakan, Anda akan merasa semakin lapar saat mendengarkan cerita dari rekan atau berita dari layar televisi. Hal ini bisa membuat berat badan lebih cepat meningkat dan nilai obesitas akan terus bertambah.

Penelitian lain yang dipublikasikan di The American Journal of Clinical Nutrition juga mendukung hal yang sama. Disebutkan bahwa ketika seseorang fokus untuk makan tanpa mengerjakan hal lain, ia akan cenderung makan lebih sedikit dibandingkan orang yang makan sambil mengerjakan aktivitas lain, termasuk makan sambil bekerja.

Selain itu, saat jam istirahat siang, seharusnya Anda mengistirahatkan mata dan otak dengan maksimal. Jadi setelah jam makan siang, Anda akan kembali segar dan siap bekerja. Namun, ketika Anda tetap bekerja saat makan siang, otak Anda menjadi cepat lelah.

Belum lagi, menatap layar komputer terlalu lama dapat menyebabkan mata Anda kering. Duduk terlalu lama juga dapat memperlambat metabolisme sehingga Anda berpotensi terkena diabetes dan penyakit jantung.

2 dari 3 halaman

Tips Makan Siang yang Sehat

Agar terhindar dari obesitas, berikut tips makan siang sehat yang bisa Anda terapkan:

  • Ubah Urutan Makan Anda

Ketika makan siang, umumnya buah dipilih sebagai pencuci mulut dan dimakan paling terakhir. Tapi sekarang, cobalah ubah urutan makan Anda. Makanlah buah pertama kali lalu diikuti dengan menu utama. Cara ini akan membuat Anda lebih sedikit makan di menu utama karena buah tinggi akan serat dan membuat Anda cepat kenyang.

  • Ganti Menu Makanan

Saat memilih menu makanan, cobalah untuk menghindari hidangan berlemak (seperti gorengan atau makanan bersantan), makanan tinggi garam (sodium), dan makanan tinggi gula. Jadikan ini kebiasaan rutin setiap harinya.

Artikel lainnya: Berapa Lama Waktu Istirahat yang Tepat untuk Pekerja Kantoran?

  • Membawa Bekal Makan Siang dari Rumah

Cobalah untuk membawa bekal makan siang dari rumah, agar menu makanan yang disiapkan lebih sehat dibandingkan dengan memilih makanan cepat saji. Anda bisa membawa bekal makan siang seperti misalnya nasi merah dengan ayam panggang dan sayuran.

  • Lakukan Olahraga atau Aktivitas Fisik Saat di Kantor

Ketimbang ngobrol dengan rekan kerja di pantry, lakukan olahraga sederhana seperti berjalan-jalan di sekitar kantor. Jika pekerjaan Anda mengharuskan untuk selalu di balik meja, Anda tetap bisa melakukan olahraga sederhana dengan melakukan peregangan.

  • Fokus Makan Siang

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa makan sambil bekerja dapat meningkatkan risiko obesitas. Untuk itu, saat makan siang, hindarilah sambil melakukan aktivitas lain dan tetapkan waktu makan semisal 10 atau 15 menit.

Obesitas dapat meningkatkan risiko timbulnya berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, stroke, ataupun diabetes mellitus tipe 2. Apalagi berdasarkan penelitian, makan sambil bekerja dapat meningkatkan risiko obesitas. Untuk itu, fokuslah makan dan jangan lakukan hal lain secara bersamaan.

Ingin tanya lebih lanjut mengenai dampak makan sambil bekerja atau tips makan siang sehat di kantor? Yuk, tanyakan langsung kepada dokter melalui layanan Live Chat di aplikasi KlikDokter.

[NWS]

0 Komentar

Belum ada komentar