Kulit

Cara Alami Wujudkan Kulit Wajah Cerah

dr. Devia Irine Putri, 19 Jan 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Untuk mendapatkan kulit wajah yang senantiasa cerah, Anda perlu memiliki kebiasaan perawatan kulit yang baik. Berikut ini beberapa cara alaminya.

Cara Alami Wujudkan Kulit Wajah Cerah

Saat ini banyak orang yang menganggap bahwa kecantikan seorang wanita dilihat dari kulit wajah yang putih bersih, tanpa noda dan jerawat.

Standar yang ada di masyarakat tersebut membuat banyak wanita berlomba-lomba mencari cara memutihkan wajah secara alami.

Ya, banyak wanita menggunakan produk kecantikan yang memberikan klaim bisa memutihkan wajah tanpa memperhatikan apa isi dan efek sampingnya.

Alih-alih memikirkan mendapatkan kulit wajah yang putih, lebih baik Anda berfokus memiliki kulit yang sehat dan cerah.

Cerah atau glowing tidak selalu berarti putih, tapi kulit Anda tampak sehat dan segar.

Berikut adalah beberapa cara mencerahkan wajah secara alami:

1. Mencuci Wajah Secara Teratur

Untuk mencerahkan atau memutihkan wajah secara alami, caranya bisa dengan rutin mencuci wajah.

Mencuci wajah artinya membersihkan sisa makeup, debu, atau kotoran yang menempel pada kulit wajah sehingga pori-pori pun tak tersumbat.

Gunakanlah sabun wajah yang sesuai dengan kondisi kulit. Misalnya jika kulit wajah Anda sensitif, pilihlah produk yang memang khusus untuk kulit sensitif atau hipoalergenik.

Saat mencuci wajah, hindari menggosok kulit wajah terlalu keras. Lakukanlah secara perlahan dan buat gerakan memutar sekaligus memijat lembut.

Artikel Lainnya: Mau Eksfoliasi, Lebih Baik Pakai yang Chemical Atau Physical?

2. Lakukan Eksfoliasi Secara Rutin

Tahapan eksfoliasi sering kali dilupakan, padahal ini penting dilakukan untuk mendapatkan kulit yang cerah secara alami.

Sesuai dengan namanya, eksfoliasi artinya melakukan pengangkatan sel-sel kulit mati pada kulit wajah sehingga tampak cerah.

Tak hanya itu, tahapan ini juga membantu regenerasi kulit wajah dan mengoptimalkan kerja produk perawatan wajah yang digunakan karena produk-produk tersebut bisa mudah meresap ke lapisan kulit.

Secara umum ada dua jenis eksfoliasi, yaitu eksfoliasi secara mekanik dan kimiawi. Contoh dari eksfoliasi mekanik adalah dengan scrub wajah.

Sementara itu, eksfoliasi kimiawi menggunakan bahan-bahan kimiawi seperti beta hydroxy acid (BHA), alpha hydroxy acid (AHA), lactic acid, dan lain sebagainya.

Tentunya pemilihan eksfoliasi ini ditentukan kondisi kulit masing-masing. Jika Anda takut mencoba produk eksfoliasi, konsultasikan dahulu dengan dokter spesialis kulit. 

3. Gunakan Pelembap

Pelembap berguna untuk menjaga kulit wajah agar tetap terhidrasi dengan baik. Jika kulit terhidrasi dengan baik, maka kulit wajah Anda akan tampak segar dan cerah.

Kurangnya kelembapan kulit bisa memicu kulit tampak sangat kering atau justru semakin banyak produksi minyak sehingga menyebabkan muncul jerawat.

Pelembap membantu menjaga dan memperbaiki skin barrier Anda, sekaligus mencegah hilangnya air dari lapisan kulit.

Saat ini, banyak tersedia berbagai bentuk pelembap, mulai dari bentuk gel hingga losion yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.

Artikel Lainnya: Kebiasaan Buruk Penyebab Kulit Wajah Cepat Keriput

4. Jangan Lupakan Tabir Surya

Penggunaan tabir surya sering kali dilupakan. Padahal, tabir surya merupakan kunci agar kulit wajah Anda terlindungi dari berbagai masalah.

Paparan sinar UV yang tak Anda sadari bisa memengaruhi kondisi kulit, terutama akan membuat kulit tampak kusam hingga muncul tanda-tanda penuaan dini.

Karena itulah, pemakaian tabir surya merupakan salah satu cara untuk mencerahkan wajah secara alami.

Gunakan tabir surya meski Anda tak bepergian atau matahari tak menyengat. Pilihlah tabir surya yang melindungi dari UVA maupun UVB dengan SPF minimal 30. Jangan lupa untuk mengulang aplikasi tabir surya setiap 2-3 jam.

5. Pilih Produk Perawatan Wajah yang Tepat

Jika ingin memiliki wajah yang cerah dan sehat, pastikan juga untuk memperhatikan kandungan produk perawatan wajah Anda.

Anda bisa memilih produk perawatan wajah yang sifatnya membantu mencerahkan kulit, seperti krim atau serum yang mengandung vitamin C maupun niacinamide.

6. Gunakan Masker Wajah Secara Rutin

Agar kulit cerah, Anda juga bisa menggunakan masker wajah yang dijual bebas maupun DIY (Do it Yourself).

Jika Anda ingin membuat masker wajah sendiri, Anda bisa memanfaatkan buah pepaya, bengkuang, yoghurt, teh hijau, maupun lidah buaya.

Gunakan masker 1-2 kali dalam seminggu untuk hasil yang baik.

Artikel Lainnya: Manfaat Masker Rumput Laut untuk Kulit Wajah

7. Hindari Merokok

Jika Anda memiliki kebiasaan merokok, sebaiknya dihentikan. Paparan dari asap rokok maupun kandungan nikotin dalam rokok memengaruhi kesehatan kulit, akibatnya muncul tanda-tanda penuan dini.

8. Minum Air Putih yang Cukup

Pastikan Anda minum air putih setidaknya 8-10 gelas per harinya. Mengapa hal ini penting untuk mendapatkan kulit cerah?

Air putih membantu menjaga kelembapan kulit dan secara tidak langsung membantu regenerasi kulit. Jadi, agar kulit selalu sehat pastikan minum air putih yang cukup, ya!

9. Konsumsi Makanan yang Bergizi

Cara lainnya untuk mencerahkan atau memutihkan wajah secara alami adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi, terutama yang kaya antioksidan.

Beberapa contoh makanan yang baik untuk kulit, seperti buah-buahan (anggur, stroberi, bluberi, jeruk), sayuran, kacang-kacangan.

Selain itu, jangan lupa untuk mengonsumsi lemak baik seperti ikan, alpukat, serta menjauhi kebiasaan makan makanan cepat saji.

Artikel Lainnya: Butuh Kolagen untuk Mempercantik Kulit Wajah? Coba 5 Buah Ini!

10. Olahraga

Olahraga tak hanya menjaga daya tahan tubuh, melainkan juga membantu melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh. Dengan adanya aliran darah yang lancar, maka  kulit wajah pun ikut tampak cerah dan sehat.

Selain itu, olahraga juga membantu mengurangi stres yang Anda rasakan. Dengan mengurangi stres, maka masalah kulit seperti jerawat dan kerutan halus bisa dihindari.

Mulai sekarang, buatlah olahraga menjadi suatu kebiasaan. Senam, jalan cepat, yoga, hingga bersepeda bisa Anda lakukan.

Namun, jangan lupa gunakan tabir surya jika melakukan olahraga di luar ruangan, ya.

11. Tidur Cukup

Saat tidur, tubuh melakukan regenerasi sel, tak terkecuali pada kulit wajah.

Apabila Anda kurang tidur, maka proses regenerasi pun tak berjalan dengan baik. Alhasil, mata panda, kerutan halus di sekitar mata, hingga keluhan bengkak di sekitar wajah bisa terjadi.

Untuk itu, pastikan Anda tidur 7-8 jam setiap harinya agar kulit Anda tampak sehat dan lebih awet muda.

Itulah beberapa cara mencerahkan atau memutihkan kulit wajah secara alami. Cukup mudah, bukan? Asalkan menjaga kebersihan kulit diimbangi dengan pola hidup sehat, Anda bisa mendapatkan kulit yang cerah dan sehat.

Jangan ragu untuk berkonsultasi kepada dokter spesialis kulit, terutama jika memang kulit Anda mudah bermasalah.

Anda bisa berkonsultasi dengan dokter melalui layanan Live Chat di aplikasi Klikdokter.

[WA]

kulit putihKecantikanKulit Wajah

Konsultasi Dokter Terkait