Sukses

Bahayanya Jika Anak Sering Minum Soda

Apa saja dampak buruk bagi anak jika terlalu sering minum soda?

Klikdokter.com, Jakarta Jangan biarkan anak Anda minum soda terlalu sering. Dengan meningkatnya angka berat badan berlebih dan obesitas pada anak, jenis makanan atau minuman yang mereka konsumsi harus dipertimbangkan masak-masak. Penelitian mengungkapkan, tingginya asupan gula dari minuman bersoda dapat meningkatkan berat badan pada anak.

Dr. Miriam Vos, profesor di bidang ilmu kesehatan anak dari Children’s Healthcare of Atlanta menyampaikan bahwa minuman dengan pemanis merupakan jenis asupan gula tambahan yang utama di kalangan anak-anak yang dapat menyebabkan peningkatan berat badan secara berlebih.

Mengapa minuman bersoda memiliki dampak yang tidak baik pada kesehatan anak? Pertama, selain mengandung jumlah kalori yang sangat tinggi, minuman bersoda juga tidak membuat anak merasa kenyang. Bahkan, anak dapat makan lebih banyak bila mengonsumsi minuman dengan pemanis buatan.

Hal ini disebabkan oleh jumlah insulin yang naik secara tiba-tiba dan turun segera saat tubuh mengonsumsi gula dalam jumlah banyak. Sebagai akibat dari penurunan yang cepat tersebut, tubuh akan lebih mudah merasa lapar.

Ajak anak menghindari minuman manis

Salah satu penelitian yang mempelajari asupan minuman dengan pemanis buatan pada anak perempuan menunjukkan, anak yang mengonsumsi minuman dengan pemanis buatan dalam jumlah banyak sebelum usia 9 tahun mengalami peningkatan berat badan berlebih pada usia 13 tahun.

Selain itu, faktor risiko pradiabetes pada mereka juga lebih tinggi, yakni lingkar pinggang yang besar, tekanan darah tinggi, dan kadar HDL (kolesterol 'baik') yang rendah.

Menurut Dr. Goutham Rao, MD, dari Children’s Hospital of Pittsburgh, mengajak anak untuk menghindari minuman manis seperti soda dan sebagainya dapat secara signifikan membantu menurunkan berat badan.

Sebagai tambahan, batas konsumsi gula buatan bagi anak, yang direkomendasikan American Heart Association adalah sekitar 6 sendok teh, atau 1.000 kalori setiap harinya.

Minuman dengan pemanis buatan memiliki dampak yang berbahaya bagi kesehatan anak bila dikonsumsi secara rutin. Dengan membatasi asupan minuman bersoda, diharapkan anak dapat terhindar dari berat badan berlebih dan obesitas.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar