Sukses

Penderita Asam Urat Juga Harus Olahraga, Ini Alasannya

Penderita asam urat berisiko mengalami penumpukan asam urat pada sendi. Karena itu, aktivitas fisik seperti olahraga dianjurkan bagi penderita.

Bagi Anda yang memiliki asam urat tinggi alias hiperurisemia, mengubah pola makan tentu sangat penting. Selain itu, penderita juga dianjurkan untuk tetap berolahraga secara rutin. Salah satu manfaat olahraga untuk penderita asam urat adalah dapat membantu meminimalkan gejala dan mencegah kekambuhan. 

Perlu diketahui bahwa seseorang yang memiliki asam urat tinggi sangat berisiko untuk mengalami penumpukan asam urat pada sendi. Apabila terjadi peradangan akibat penumpukan ini, penderita akan mengalami penyakit sendi yang disebut dengan gout artritis.

1 dari 3 halaman

Manfaat Olahraga untuk Penderita Asam Urat

Para peneliti mengungkapkan bahwa manfaat olahraga untuk penderita asam urat cukup banyak. Aktivitas fisik tersebut akan lebih menguntungkan apabila dilakukan secara konsisten.

Olahraga secara teratur akan menurunkan risiko kematian serta meningkatkan kualitas hidup penderita asam urat. Berikut adalah manfaat olahraga untuk penderita asam urat:

  1. Melatih Kelenturan Sendi dan Otot

Seseorang yang sudah menderita gout akan sangat sulit untuk beraktivitas, apalagi berolahraga. Namun, ketika keadaan ini ‘dimanjakan’, penderitanya akan semakin merasa kesakitan. Ini karena sendi yang tidak digerakkan akan menjadi lebih kaku, lalu otot akan menjadi lebih lemah.

Artikel Lainnya: Cara Menurunkan Asam Urat Tanpa Obat

  1. Mengurangi Beban Sendi 

Manfaat lainnya dari olahraga adalah membantu penderita asam urat menurunkan berat badan, menguatkan otot dan tulang, serta meningkatkan pergerakan sendinya. Sederet manfaat ini akan membuat beban yang harus ditopang sendi menjadi semakin berkurang.

  1. Mengurangi Rasa Nyeri

Olahraga dapat membantu mengurangi sakit asam urat. Pasalnya, olahraga teratur bermanfaat untuk menambah rentang gerak dan membantu penderita lebih berenergi. 

Selain itu, aktivitas fisik akan membantu Anda menurunkan berat badan. Dengan demikian, hal ini akan mengurangi rasa sakit pada persendian Anda.

  1. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Individu dengan kadar asam urat yang tinggi akan memiliki risiko yang lebih tinggi terkena penyakit jantung. Hal ini akibat penumpukkan faktor inflamasi atau peradangan pada tubuh.

Manfaat olahraga untuk penderita asam urat yang satu ini, yakni dapat membuat risiko penyakit kardiovaskular semakin ditekan dan tubuh semakin terasa bugar.

Artikel Lainnya: 5 Penyebab Asam Urat pada Generasi Milenial

  1. Membuat Pergerakan Sendi Lebih Bebas

Olahraga memberikan manfaat bagi penderita asam urat dengan membuat sendi dapat bergerak lebih bebas. Hal ini membuat sirkulasi pada sendi menjadi lebih lancar sehingga dapat mengurangi risiko keparahan penyakit.

2 dari 3 halaman

Tips Olahraga untuk Penderita Asam Urat

Bagi penderita yang ingin berolahraga, sebaiknya periksakan kondisi Anda dengan dokter terlebih dahulu. Hal ini berhubungan dengan keadaan medis Anda secara keseluruhan atau adanya faktor penyulit lain.

Berikut ini adalah berbagai aktivitas fisik yang ideal bagi orang dengan asam urat:

  1. Latihan Aerobik

Beberapa jenis aktivitas aerobik akan meningkatkan detak jantung Anda dan meningkatkan daya tahan. Latihan aerobik dapat Anda lakukan tiga hingga empat kali per minggu selama sekitar 30 menit.

Anda bisa mencoba berjalan cepat, berlari ringan, atau bersepeda. Berenang atau berolahraga di air hangat juga bisa dilakukan untuk membuat nyaman dan meregangkan sendi-sendi yang kaku.

Artikel Lainnya: 7 Olahraga Terbaik untuk Penderita Asam Urat

  1. Latihan Fleksibilitas

Jenis latihan ini akan membantu meningkatkan rentang gerak. Meningkatkan fleksibilitas akan membuat jenis latihan lainnya lebih mudah dan akan membantu Anda bergerak dengan lebih nyaman ketika beraktivitas di siang hari.

Luangkan waktu selama 15 menit untuk meregangkan sendi Anda setiap hari, dengan bergerak secara perlahan dan konsisten.

  1. Latihan Penguatan (Strengthening)

Jika Anda tidak bergerak aktif karena persendian yang sakit dan bengkak, otot Anda justru semakin lemah. Mengangkat beban, melakukan latihan resistensi, dan yoga akan membantu meningkatkan kekuatan Anda.

Otot yang lebih kuat dapat menopang persendian dan mencegah cedera yang lebih parah. Ketika Anda menjadi lebih kuat, kegiatan sehari-hari seperti naik tangga dan mengangkat benda berat akan menjadi lebih mudah dilakukan.

Untuk menghindari cedera, mulailah latihan angkat beban dengan bobot yang sangat ringan dan secara bertahap tambahkan lebih banyak saat Anda merasa lebih kuat.

Kadar asam urat yang tinggi tidak menjadi penghalang untuk tetap aktif bergerak. Justru, manfaat olahraga untuk penderita asam urat bisa Anda dapatkan. Namun perlu diingat, olahraga di atas hanya boleh dilakukan jika tidak sedang terjadi serangan akut.

Pasalnya, pada keadaan sendi yang meradang, segala aktivitas yang dilakukan dapat memperburuk keadaan. Oleh karena itu, penderita harus menunggu hingga serangan menghilang, sebelum akhirnya dapat melakukan kegiatan di atas. Selamat mencoba!

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar