Sukses

Rutin Gunakan Tabir Surya Bikin Kulit Sehat dan Awet Muda

Selain melindungi dari sengatan panas matahari, ternyata tabir surya juga dapat memberikan dampak kulit sehat dan awet muda.

Klikdokter.com, Jakarta Selain jerawat, permasalahan kulit yang paling banyak dikeluhkan baik wanita maupun pria adalah penuaan dini dan berbagai masalah kulit lainnya akibat paparan sinar ultraviolet (UV). Kulit tampak sehat dan terlihat awet muda bukan lagi sebuah pilihan, namun kewajiban.

Memang, seiring berjalannya waktu kulit Anda akan mengalami penurunan fungsi, di mana keriput dapat terjadi secara alami. Namun jangan khawatir, senantiasa terlihat lebih muda dari usia sebenarnya bukan hanya sekadar angan. Hal yang perlu diperhatikan adalah bagaimana melakukan pencegahan. Salah satu cara termudah yang efektif adalah penggunaan sunscreen secara rutin.

Seperti yang Anda ketahui, paparan sinar UV, yang terdiri dari UVA dan UVB, tak dapat dihindari baik saat beraktivitas di dalam ruangan, apalagi di luar ruangan. UVA dan UVB dapat menghasilkan radikal bebas dan merusak DNA kulit yang sehat.

Terpapar UVA dalam waktu lama dapat menyebabkan penuaan kulit dan noda hitam. Sedangkan cukup lama terpapar UVB dapat membakar kulit dan merusak melanin yang menyebabkan kulit tampak gelap. Efek samping sinar UV lainnya terhadap kulit adalah kerutan, kulit kasar, dan penuaan dini pun tak terhindarkan.

Ya, sinar matahari merupakan faktor utama yang membuat kulit wajah terlihat semakin menua karena rusaknya sel-sel yang terkena paparan radiasi, atau yang disebut sebagai proses photoaging. Kondisi ini berbeda dengan chronological aging, yang terjadi karena umur atau faktor dalam tubuh lainnya.

Paparan radiasi menyebabkan kematian sel-sel sehingga menjadi abnormal, bahkan menghasilkan pigmen yang juga abnormal, serta memengaruhi produksi elastin dan kolagen yang mendukung terjaganya kesehatan kulit. Karena itu, penggunaan tabir surya secara rutin membantu melindungi kulit dengan cara memantulkan sinar UV.

Pilihlah tabir surya yang sesuai dengan kebutuhan kulit dan aktivitas Anda, seperti rangkaian produk yang ditawarkan oleh Parasol. Tabir surya akan memberikan perlindungan menyeluruh terhadap UVA, UVB, termasuk UVC.

Untuk perlindungan wajah, ada Parasol Face Sunscreen Cream dan Parasol Face Sunscreen Cream SPF 33. Keduanya dapat diaplikasikan sebagai alas kosmetik.

Sedangkan untuk perlindungan tubuh, Anda dapat mengandalkan rangkaian losion yang mengandung ekstrak aloe vera dan vitamin E. Anda bisa mencoba Parasol Sunscreen Lotion SPF 15, Parasol SPF 30 PA++, Parasol SPF 45 PA++, termasuk losion spray Parasol Cooling Mist Sun Spray SPF 25 PA++ yang praktis dan bisa digunakan setelah memakai makeup. Jika diperlukan, gunakan juga Parasol Moisturizing After Sun Spray untuk mengembalikan rasa nyaman kulit akibat terlalu lama terpapar sinar matahari.  

Jangan lupa, penggunaan tabir surya untuk aktivitas di dalam ruangan sama pentingnya dengan pemakaian di luar ruangan. Gunakan 20-30 menit sebelum beraktivitas, dan jangan lupa untuk mengaplikasikan ulang penggunaan tabir surya setiap 2-3 jam. Untuk lebih memaksimalkan proteksi kulit terhadap sinar UV, gunakan juga pelindung lainnya seperti topi, kacamata hitam, atau jaket.

Selain menggunakan tabir surya, seimbangkan pula dengan minum air putih. Perbanyak makan makanan bernutrisi seperti sayur dan buah demi kulit sehat dan tampak awet muda, yang terlindungi dari luar dan dalam!

(RN/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar