Sukses

Sikat Gigi Elektrik vs Manual, Mana Lebih Ampuh Bersihkan Gigi?

Dengan makin banyaknya jenis sikat gigi, pilihlah yang paling cocok untuk merawat gigi Anda.

Klikdokter.com, Jakarta Menyikat gigi memang dapat mengurangi risiko penyakit gusi dari yang tahap ringan yaitu (gingivitis) sampai tahap lanjut (periodontitis). Selain itu sikat gigi juga dapat menurunkan tingkat karies gigi bila digunakan bersama dengan pasta gigi yang mengandung fluoride. Semua manfaat tersebut didapat dari hasil penggunaan sikat gigi manual maupun elektrik.

Suatu penelitian yang ditulis dalam Journal Indian Society of Periodontology, menunjukkan bahwa  penggunaan sikat gigi elektrik dan manual sama-sama efektif dalam mengurangi plak gigi dan menurunkan risiko gusi berdarah akibat peradangan. Keduanya tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan.

Sedangkan pada percobaan yang dimuat dalam Clinical, Cosmetic and Investigational Dentistry mengatakan bahwa sikat gigi elektrik lebih efektif dalam membersihkan plak gigi yang berada di atas perbatasan garis gusi dibandingkan dengan sikat gigi manual pada hari ke-42. Namun untuk perbandingan dalam membersihkan sisa makanan dan karang gigi, keduanya tidak memiliki perbedaan yang signifikan.

Hal ini terjadi karena pada sikat gigi elektrik dapat merusak ikatan bakteri yang membentuk plak gigi. Pergerakan dan perputaran dari bulu sikat gigi elektrik dengan frekuensi 7600 rpm dapat membantu membersihkan gigi dengan kekuatan yang lebih dari sikat gigi manual. Selain itu, adanya bulu sikat gigi elektrik yang khusus untuk menjangkau sela-sela gigi membuat gigi menjadi lebih bersih lagi. 

Oleh karena itu, bila dibandingkan, sikat gigi elektrik dapat membersihkan plak gigi lebih banyak dibanding sikat gigi manual. Selain itu sikat gigi elektrik membuat orang yang kurang terampil atau memiliki keterbatasan, tetap mendapatkan hasil kebersihan gigi yang optimal dalam menyikat gigi.

Namun perlu diingat bahwa kekurangan dari sikat gigi elektrik yaitu memerlukan baterai, harga jauh lebih mahal dan kurang praktis untuk dibawa bepergian. Oleh sebab itu, sikat gigi manual masih menjadi pilihan utama mayoritas orang-orang untuk menjaga kesehatan gigi dan mulutnya. Jadi, mana yang Anda pilih?

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar