Sukses

Gemar Sedekah Bikin Hidup Cerah

Tak hanya “menguntungkan” dari sisi ibadah, member sedekah juga bisa membuat orang lebih bahagia dan produktif.

Klikdokter.com, Jakarta Pernahkah Anda merasakan emosi yang tak terjelaskan setelah memberi sedekah, menjadi relawan untuk kegiatan sosial, dan lainnya? Mungkin perasaan  hangat, bahagia, atau bahkan lega. Dan ini tak hanya terjadi sesaat saja, tetapi keseharian Anda menjadi lebih menyenangkan dan Anda pun menjadi lebih produktif.

Ternyata itu merupakan “efek samping” dari tindakan murah hati yang Anda lakukan. Penelitian yang dilakukan di University of Zurich tahun 2016 menemukan bahwa perilaku dermawan dapat meningkatkan suatu sinyal di otak yang diikuti dengan meningkatnya kebahagiaan.

Sinyal yang ditangkap melalui pemeriksaan fMRI (functional magnetic resonance imaging) ini memperlihatkan bagian striatum ventral dan korteks orbitofrontal yang mengalami peningkatan sinyal.

Sinyal kebahagiaan yang ditunjukkan pada bagian otak tersebut dipicu oleh memberi sedekah atau bentuk lainnya. Menariknya, sinyal ini dapat berkurang drastis ketika seseorang menjadi egois dan serakah.

Studi lainnya juga menemukan bahwa responden yang menggunakan uangnya untuk orang lain memiliki tingkat kebahagiaan yang lebih tinggi dibanding dengan responden yang menggunakan uangnya untuk diri sendiri.

Ada satu hal yang lebih menarik lagi. Peneliti menemukan bahwa “hanya” dengan membuat komitmen verbal untuk bertindak lebih murah hati di masa depan, dapat mengaktifasi area tertentu di otak yang meningkatkan kebahagiaan.

Jika Anda sering merasa hidup Anda membosankan atau datar-datar saja, mungkin sudah saatnya membiasakan diri untuk mulai memberi sedekah.

Tindakan tersebut tidaklah sesulit dan semahal yang Anda kira. Cukup dilakukan dengan cara yang paling sederhana, seperti selalu mengucapkan terima kasih ketika Anda dilayani, memberikan tip kepada pramusaji, membagikan makanan gratis untuk pemulung, dan masih banyak lagi.

Siapa tahu, dengan memberikan sedekah dengan hati yang ikhlas, Anda akan jauh lebih sehat, bahagia dan produktif. Efeknya juga akan berpengaruh terhadap kehidupan sosial Anda, selain personal. Karena kebahagiaan terbukti bisa menular, dan membuat orang lain bahagia juga merupakan bentuk dari sedekah, bukan?

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar