Sukses

Mengonsumsi Sayuran Hijau Bikin Otak Lebih Sehat, Lho!

Tahukah Anda, ternyata kesehatan otak dapat dijaga dengan konsumsi sayuran hijau! Yuk, simak manfaat sayuran hijau untuk otak di sini!

Sayuran berdaun hijau dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan untuk tubuh. Bahkan, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa rutin mengonsumsi sayuran hijau dapat membantu menjaga kesehatan otak. 

Otak adalah salah satu organ vital di dalam tubuh. Otak dapat mengatur berbagai fungsi organ di dalam tubuh tanpa kita sadari. Oleh karena itu, agar kesehatan otak tetap terjaga, sebaiknya konsumsi makanan yang dapat mendukung kesehatan organ vital yang satu ini.

1 dari 3 halaman

Manfaat Sayuran Hijau untuk Otak

Sebuah riset yang dilakukan oleh peneliti dari Rush University Medical Center di Chicago, Amerika Serikat, melibatkan 960 orang berusia 58 hingga 99 tahun. Penelitian ini mengamati tentang diet dan penerapan gaya hidup sehari-hari. Peserta penelitian juga diberi tes standar memori dan keterampilan mental lainnya.

Hasil dari penelitian tersebut mengungkapkan, orang-orang yang rutin mengonsumsi sayuran hijau menunjukkan ‘penuaan’ otak yang lebih lambat. 

Sayuran hijau turut mengurangi terjadinya penurunan daya ingat dan peningkatan fungsi kognitif, sehingga fungsi otak ditemukan menjadi 11 tahun lebih muda

Hal tersebut diduga terjadi karena sayuran hijau mengandung zat gizi penting, seperti vitamin K, folat, dan lutein.

Tak hanya itu, peserta yang rutin mengonsumsi sayuran hijau juga menunjukkan penurunan keterampilan mental yang lebih lambat dibanding peserta lain yang jarang mengonsumsi sayuran hijau.

Artikel Lainnya: 7 Rempah Terbaik yang Bermanfaat untuk Kesehatan Otak

2 dari 3 halaman

Jenis Sayuran Hijau yang Baik untuk Otak

Berikut merupakan jenis sayuran hijau yang baik untuk otak, di antaranya:

  1. Brokoli 

Brokoli merupakan sayuran yang memiliki kadar antioksidan tinggi. Oleh karena itu, brokoli bermanfaat untuk melawan radikal bebas serta melindungi sel-sel di dalam tubuh dan otak dari reaksi oksidatif. Dampak radikal bebas tersebut semakin lama dapat merusak tubuh.

  1. Bayam 

Bayam memiliki kandungan asam folat dan vitamin K yang mampu mendukung regenerasi dan perkembangan otak. Anda dianjurkan untuk konsumsi bayam setiap hari agar tubuh, termasuk otak, kesehatannya tetap terjaga.  

  1. Kubis 

Kubis memiliki kandungan vitamin K1 (phylloquinone) yang berfungsi untuk meningkatkan fungsi mental dan konsentrasi otak. 

  1. Sawi Hijau 

Sawi hijau mengandung vitamin K dan asam folat yang mampu mencegah terjadinya gangguan kognitif karena faktor usia.

  1. Arugula 

Arugula adalah sayuran hijau khas mediterania yang mengandung vitamin K dan beta karoten tinggi. Kedua kandungan tersebut sangat baik untuk menjaga kesehatan otak.

Artikel Lainnya: 5 Makanan Terbaik untuk Kesehatan Otak Anda, Apa Saja?

Tidak ada salahnya jika Anda ingin mengonsumsi sayuran hijau agar otak lebih sehat. Akan tetapi, hal itu tidak akan berarti banyak bila Anda tidak mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat.

Oleh karena itu, selain mengonsumsi sayuran hijau, Alzheimer's Association menyarankan Anda untuk:

  • Berolahraga secara rutin dan teratur.
  • Menjauhi rokok dan asapnya,
  • Menjaga berat badan tetap ideal.

Guna menjaga fungsi otak, Anda juga direkomendasikan untuk menerapkan pola diet mediterania. Diet mediterania mengharuskan Anda untuk mengonsumsi sayur-sayuran, buah, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Sekarang Anda sudah tahu, kan, manfaat makan sayuran hijau untuk otak? Untuk tahu fakta kesehatan menarik lainnya, baca terus artikel di aplikasi Klikdokter.

(OVI/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar