Sukses

Ngemil Saat Diet, Bolehkah?

Ngemil saat diet sah-sah saja, asalkan camilannya juga sehat dan bernutrisi tinggi.

Klikdokter.com, Jakarta Kebiasaan ngemil saat diet sering kali dianggap berdosa. Apalagi tak sedikit orang mengidentikkan ngemil dengan makanan yang digoreng, bergula tinggi, atau terlalu asin. Padahal, jika dilakukan dengan benar, ngemil justru dapat membantu seseorang menurunkan berat badan.

Apabila sedang berdiet, camilan bernutrisi seimbang dengan jumlah kalori terkontrol adalah jenis camilan yang tepat. Pilihlah camilan dengan kalori di bawah 200, dengan kandungan sekitar 10 gram protein dan setidaknya 5 gram serat. Berikut beberapa ide camilan yang bisa Anda coba:

  • Yoghurt dan buah

Yoghurt yang baik untuk pencernaan dan buah yang mengandung banyak vitamin dan mineral merupakan kombinasi yang sempurna untuk camilan Anda. Lezat, dapat menunda lapar, sekaligus bernutrisi tinggi. Jangan lupa pilih yoghurt yang bebas gula tambahan, dan buah-buahan kaya air seperti beri.

  • Dark chocolate dan kacang almon

Siapa yang tak suka cokelat? Kali ini, ganti cokelat Anda dengan dark chocolate yang kaya akan flavanol dan rendah lemak. Kacang almon juga mengandung lemak tak jenuh yang baik untuk mengontrol tekanan darah dan dapat mengurangi nafsu makan.

  • Roti gandum dan alpukat

Roti gandum, terutama gandum utuh, mengandung serat tinggi yang dapat membantu menunda lapar. Roti ini pun cenderung tidak terlalu manis dibanding roti putih sehingga rendah gula. Sedangkan alpukat kaya akan serat, kalium, magnesium, dan lemak tak jenuh yang baik untuk tubuh.

  • Edamame

Sering ditemukan sebagai makanan pembuka di rumah makan Jepang, edamame juga dapat membantu program diet Anda. Edamame merupakan sejenis kacang kedelai yang dikukus, dan kaya akan antioksidan, folat, serta berbagai mineral. Anda dapat mengolah edamame dengan cara direbus atau memasukkannya ke dalam sup.

Jadi, ngemil saat diet boleh-boleh saja dan bahkan justru dianjurkan. Asalkan camilannya adalah makanan yang sehat. Masih banyak lagi ide camilan lain yang dapat Anda jadikan variasi selain makanan yang telah disebutkan. Jangan lupa kombinasikan pola makan sehat dengan olahraga agar tubuh tidak lemas meski sedang berdiet.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar