Sukses

Berkebun, Cara Praktis yang Efektif Atasi Stres

Tahukah Anda bahwa berkebun merupakan aktivitas sederhana yang efektif menangkal stres?

Klikdokter.com, Jakarta Tuntutan pekerjaan, beban hidup, dan kurang piknik merupakan beberapa keadaan yang dapat memicu timbulnya stres. Tenang, tidak perlu khawatir. Stres memang sulit dicegah, tapi bukan berarti kondisi ini tidak bisa diatasi. Nah, salah satu tindakan yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi stres adalah berkebun.

Sebuah studi dari Harvard University melaporkan, berkebun merupakan kegiatan yang disarankan oleh sejumlah dokter karena ampuh untuk menurunkan tingkat stres. Ini karena tanah terbukti memiliki efek antidepresan, sama halnya dengan obat-obatan penenang.

Hasil studi tersebut diperkuat oleh penelitian lain yang menyebutkan bahwa berkebun selama 30 menit mampu menekan tingkat stres lebih efektif daripada membaca buku.

Dengan menurunnya tingkat stres, menurun pula risiko obesitas, diabetes, dan penyakit yang terkait dengan gaya hidup lainnya. Bahkan sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Alzheimer's Disease menemukan bahwa berbagai aktivitas fisik—seperti berkebun—dapat mengurangi risiko alzheimer hingga 50%.

Tak hanya itu, menghabiskan waktu di area bertanah juga dipercaya bisa meningkatkan kualitas tidur. Ini karena aktivitas tersebut dapat mengurangi rasa stres dan cemas, yang pada akhirnya akan membuat Anda lebih mudah tidur dan terhindar dari mimpi buruk.

Setelah membaca fakta medis di atas, apakah Anda mulai tertarik untuk berkebun? Meski hanya bercocok tanam di taman yang kecil, namun Anda akan tetap merasakan manfaat yang besar dari aktivitas ini. Selamat tinggal stres!

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar