Sukses

5 Tes Kesehatan Ini Wajib Dijalani Wanita

Tes kesehatan atau skrining ini wajib dijalani demi kesehatan Anda.

Klikdokter.com, Jakarta Deteksi dini sering kali merupakan langkah pencegahan terbaik. Untuk itu, tes kesehatan harus menjadi prioritas bagi semua orang, tak terkecuali wanita. Namun, tahukah Anda tes kesehatan umum mana yang wajib dilakukan?

Ada beberapa tes kesehatan atau skrining yang harus diperhatikan oleh setiap wanita. Ini termasuk pemeriksaan payudara hingga tes kepadatan tulang. Sayangnya, masih banyak wanita yang memiliki tingkat pengetahuan dan kesadaran rendah mengenai hal ini. Ditambah dengan banyaknya tes kesehatan yang tersedia di rumah sakit dan klinik, sehingga mungkin membuat bingung.

Tapi Anda tak perlu bingung lagi. Berikut ini lima tes kesehatan yang dapat Anda utamakan untuk kesehatan yang optimal:

  • Tes kepadatan tulang

The US Preventive Task Force menganjurkan wanita yang berusia 65 tahun atau lebih tua untuk mengecek kesehatan tulang dengan tes kepadatan tulang. Sementara, setiap wanita yang pernah mengalami patah tulang atau berat badan di bawah normal harus menjalankan pemeriksaan lebih dini. Hasil tes tersebut membantu dokter membuat rekomendasi tentang apa yang dapat dilakukan wanita untuk mengurangi kemungkinan patah tulang.

  • Skrining jantung

Tak ada diskriminasi gender dan usia soal penyakit jantung. Survei Sample Registration System pada 2014 di Indonesia menunjukkan, penyakit jantung koroner sebagai penyebab kematian tertinggi pada semua umur setelah strok. Ada lima tes kesehatan untuk membantu menilai kesehatan jantung wanita, seperti tekanan darah, kolesterol HDL dan LDL, trigliserida, dan glukosa darah.

  • Mammogram

Satu dari delapan wanita berpotensi terkena kanker payudara. Karena itu, mammografi sudah harus menjadi kewajiban untuk setiap wanita. Mammografi adalah teknik pemindaian gambar menggunakan sinar rontgen dosis rendah untuk mendeteksi dan mendiagnosis kanker payudara. Anda dapat bertanya kepada dokter mengenai kapan waktu terbaik untuk melakukan mammogram.

  • Pap smear

Semua wanita yang berusia 21–65 tahun harus melakukan pap smear. Pap smear adalah prosedur pengambilan sampel sel dari leher rahim untuk memastikan ada atau tidak adanya ketidaknormalan yang dapat mengarah kepada kanker serviks. Pemeriksaan ini meliputi vulva, vagina, rahim, ovarium, saluran tuba, kandung kemih, dan rektum.

  • Pemeriksaan kulit

Terlalu sering beraktivitas di bawah sinar matahari dapat menimbulkan kanker kulit melanoma. Pemeriksaan kulit secara dini harus dilakukan untuk mendeteksi masalah yang muncul. Karena itu, setiap wanita harus rutin memeriksa kulit mereka dan mewaspadai munculnya tahi lalat baru atau adanya perubahan pada tahi lalat yang lama, karena hal ini bisa menjadi tanda-tanda munculnya kanker kulit.

Sama halnya seperti olahraga teratur, manajemen stres dan memilih makanan yang bergizi, beberapa tes kesehatan yang sudah dijelaskan tersebut sangat penting untuk mencapai kesehatan yang optimal bagi para wanita.

[RS/ RVS]

 

0 Komentar

Belum ada komentar