Sukses

Turunkan Berat Badan, Efektif dengan Lari Sprint atau Joging?

Lari sprint dan joging memiliki efektivitas yang berbeda untuk menurunkan berat badan.

Klikdokter.com, Jakarta Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, pasti sering disarankan untuk melakukan banyak latihan kardio. Apa, sih, istilah kardio yang dimaksud? Istilah kardio yang populer di kalangan pencinta olahraga ini merupakan jenis kegiatan yang dapat memompa jantung dengan cepat, misalnya lari, baik sprint atau joging.

Ketika berbicara tentang menurunkan berat badan secara efektif, berlari tidak bisa dijadikan satu-satunya andalan. Sebelumnya, Anda harus paham tentang sumber energi yang digunakan untuk beraktivitas.

Untuk aktivitas sehari-hari, tubuh menggunakan dua sumber energi utama, yaitu gula dan lemak. Saat mulai berolahraga, tubuh Anda akan menggunakan gula sebagai sumber energi utama.

Gula yang ada di dalam darah dan gula yang disimpan di dalam sel akan digunakan sebagai “bahan bakar”. Setelah kadar gula mulai menurun, tubuh akan mengambil energi lain, yaitu lemak. Jadi, pengambilan energi oleh tubuh bergantung dari intensitas olahraga yang dilakukan.

Olahraga kardio seperti joging tidak membutuhkan energi yang terlalu besar karena intensitasnya terbilang ringan hingga sedang. Oleh karena itu, sumber energi yang digunakan oleh tubuh saat joging, sebagian besar bersumber dari gula. Setelah beberapa jam dan kadar gula menurun, barulah tubuh mengambil energi dari lemak.

Berbeda dengan joging, sprint merupakan olahraga dengan intensitas tinggi sehingga membutuhkan energi lebih besar. Oleh karena itu, pembakaran lemak akan lebih cepat dan lebih banyak.

Joging selama 15 menit akan membakar sekitar 150-165 kalori, sedangkan sprint yang dilakukan selama 2,5 menit saja sudah mampu membakar sekitar 200 kalori. Jadi secara angka, memang sprint dapat membakar lemak dan membantu menurunkan berat badan lebih efektif.

Namun yang harus diperhatikan, supaya Anda dapat mempraktikkan sprint dengan benar, tubuh harus fit. Jika tidak, malah Anda berpotensi mengalami cedera, bahkan pingsan jika Anda tidak terbiasa melakukannya.

Nah, jika Anda ingin berencana untuk menurunkan berat badan dengan memilih olahraga lari, Anda bisa memilih joging atau sprint. Semua tergantung pada kebutuhan Anda. Namun, apapun pilihan Anda, pastikan tubuh dalam kondisi sehat untuk melakukan olahraga tersebut.

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar