Sukses

4 Aroma Ini Bisa Membuat Tubuh Sehat

Bagi sebagian orang, aroma juga berfungsi sebagai pembangkit nostalgia. Lalu bagaimana manfaatnya bagi kesehatan tubuh?

Klikdokter.com, Jakarta Ketika mencium aroma makanan seperti rendang, mungkin Anda akan teringat dengan masakan ibu di rumah. Atau ketika mencium aroma bunga, Anda menjadi teringat dengan kencan pertama.

Perasaan nostalgia ini bukanlah suatu kebetulan. Ada penjelasan secara ilmiah di balik alasan mengapa Anda mampu mengingat aroma tertentu.

Pada dasarnya, indra penciuman Anda berhubungan langsung dengan pusat emosi di otak. Hal ini memicu Anda merasakan hal tertentu hanya dengan sekali mencium aroma atau bau.

Selain itu, ternyata aroma tertentu juga dapat berdampak positif bagi tubuh Anda. Berikut ini beberapa aroma yang dapat berguna bagi kesehatan tubuh Anda:

  • Lavender

Aroma lavender dapat membantu Anda untuk menenangkan pikiran.  Ternyata, berdasarkan penelitian, aroma lavender dapat membantu mengatasi masalah gangguan tidur dan juga depresi .

  • Kayu manis

Kayu manis dapat membantu mempertajam pikiran anda. Tidak hanya rasanya yang enak, aroma dari kayu manis juga mampu meningkatkan fungsi kognitif.

Pada suatu penelitian dari Wheeling Jesuit University, partisipan yang mencium aroma kayu manis terbukti mengalami peningkatan fungsi kognitif, seperti respon visuo-motor, memori, dan juga atensi.

  • Rumput

Aroma rumput di pagi hari dapat memberikan perasaan senang, lho. Mungkin Anda berpikir bahwa memotong rumput merupakan hal yang sangat membosankan. Faktanya, aktivitas ini mampu membantu membuat tubuh Anda rileks dan memberikan perasaan bahagia.

Aroma yang keluar dari rumput hijau tersebut terbukti mampu memperlambat penurunan fungsi kognitif dan juga mental seiring dengan berjalannya waktu.

  • Peppermint

Selain dapat membuat aroma napas menjadi segar, peppermint juga dapat memberikan dampak positif bagi otak.

Penelitian yang dilakukan oleh Wheeling Jesuit University menemukan bahwa menghirup aroma peppermint dapat meningkatkan konsentrasi dan juga ketahanan otak dalam memproses informasi yang banyak.

Keempat bahan yang telah disebutkan di atas sangat mudah ditemukan di sekitar Anda. Oleh karena itu, seharusnya tidaklah sulit bagi Anda untuk mencoba meningkatkan kesehatan tubuh lewat cara sederhana, yaitu melalui aroma makanan atau minuman tertentu. Selamat mencoba!

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar