Sukses

Ukuran Panggul Ibu Hamil Pengaruhi Proses Melahirkan

Hampir semua ibu hamil ingin menjalani proses melahirkan secara normal. Benarkah ukuran panggul ikut berpengaruh?

Klikdokter.com, Jakarta Melahirkan secara normal sering menjadi pilihan karena dianggap memiliki risiko paling minimal dibandingkan dengan operasi caesar. Tapi apakah semua ibu hamil dapat melahirkan secara normal? Ukuran panggul ibu hamil ternyata ikut menentukan hal ini.

Kondisi tiap ibu hamil berbeda-beda, dan beberapa memiliki kehamilan yang berisiko, dimana proses operasi caesar dianggap menjadi proses persalinan yang lebih aman. Salah satunya penyebabnya adalah karena ukuran panggul ibu hamil yang tidak sesuai.

Jika ukuran kepala bayi lebih besar daripada ukuran panggul ibu yang kecil, tentunya hal ini menyulitkan proses persalinan. Untuk mengantisipasi hal ini, dokter spesialis kandungan dan kebidanan akan menilai bentuk dan ukuran panggul. Dokter akan mengukur luas rongga panggul dan menentukan apakah persalinan normal memungkinkan untuk dilakukan atau tidak.

Tinggi badan ibu hamil dapat menjadi patokan. Ibu hamil yang bertubuh tinggi biasanya memiliki rongga panggul yang besar. Sedangkan mereka yang tingginya di bawah 150 cm, dicurigai memiliki ukuran panggul yang relatif lebih sempit sehingga berisiko melahirkan secara normal.

Dalam dunia medis dikenal 4 jenis bentuk panggul, yaitu:

  1. Panggul ginekoid

Jenis panggul ini berbentuk oval dan merupakan bentuk yang paling ideal untuk melahirkan secara normal. Jarak dari sisi kanan ke sisi kiri panggul lebih lebar dibandingkan dengan jark dari bagian depan ke belakang.

  1. Panggul antropoid

Ciri jenis panggul ini adalah bentuk depan lonjong menyerupai telur/oval. Jarak antara sisi depan dan belakang lebih lebar dibandingkan sisi kanan dan sisi kiri. Ibu hamil dengan tipe panggul ini masih dapat melahirkan secara normal, namun harus tetap mempertimbangkan kondisi lainnya.

  1. Panggul android

Bentuk panggul ini menyerupai bentuk segitiga atau hati, dan umumnya ditemukan pada panggul pria. Bentuk panggul ini berisiko mengalami hambatan dalam persalinan normal.

  1. Panggul platipeloid

Merupakan panggul dengan bentuk oval yang memipih. Bentuk panggul ini  umumnya berisiko dalam persalinan secara normal.

Dalam persalinan normal, faktor-faktor yang harus diperhatikan tidak hanya bentuk panggul, ukuran panggul, besar janin dan posisi janin. Faktor-faktor lain yang juga dapat memengaruhi adalah penyakit penyerta ibu hamil, riwayat operasi caesar, serta kondisi lainnya. Apapun keadaan yang Anda alami  harus didiskusikan dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan sebelum proses melahirkan.

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar