Sukses

Benarkah Orang Dewasa Juga Bisa Cacingan?

Tidak hanya anak-anak, orang dewasa juga berisiko cacingan. Ini faktanya!

Klikdokter.com, Jakarta Cacingan merupakan keluhan yang kerap tidak bisa dihindari. Secara umum, cacing yang menginfeksi manusia dapat digolongkan menjadi nematode, cestode, dan trematode.

Setelah menginfeksi, cacing tersebut akan memilih untuk tinggal di dalam saluran pencernaan. Hal ini memudahkan parasit tersebut mendapatkan nutrisi untuk tetap bertahan hidup. Lalu, bagaimana seseorang dapat terinfeksi cacing? Benarkah orang dewasa juga dapat terkena cacingan?

Penyebab cacingan

Kebanyakan cacing masuk ke dalam tubuh manusia melalui jalur fecal-oral. Artinya, manusia atau hewan yang terinfeksi akan mengeluarkan cacing (umumnya dalam bentuk telur) saat buang air besar.

Seseorang dapat terinfeksi cacing saat makan sayur atau buah yang tidak dibersihkan dengan baik, atau daging yang tidak dimasak hingga matang. Selain itu, ada juga cacing yang dapat langsung masuk ke dalam tubuh manusia melalui kulit. Hal ini umumnya terjadi saat seseorang berjalan tanpa menggunakan alas kaki.

Cacingan pada orang dewasa

Anak-anak dianggap lebih rentan terkena cacingan. Ini berkaitan dengan kebiasaan anak-anak yang lebih banyak melakukan aktivitas di luar ruangan, serta kurangnya kesadaran akan sanitasi dan kebersihan. Namun pada kenyataannya, infeksi cacing tidak hanya terjadi pada anak-anak saja. Dengan kata lain, orang dewasa juga bisa cacingan.

Cacingan pada orang dewasa memiliki penyebab dan gejala yang mirip dengan cacingan pada anak. Ini karena setiap gejala yang dialami oleh penderita cacingan bergantung pada jenis cacing yang menginfeksi. Beberapa gejala yang umumnya ditemui, di antaranya:

  1. Hilangnya nafsu makan
  2. Tidak terpenuhinya kebutuhan gizi harian
  3. Penurunan berat badan
  4. Gatal pada area anus
  5. Diare

Cacingan memang dapat diobati dengan obat-obatan khusus infeksi cacing. Namun pada dasarnya, mencegah lebih baik daripada mengobati. Oleh karena itu, sebelum Anda terinfeksi oleh cacing-cacing tersebut, akan lebih baik jika Anda mulai menjaga kebersihan dan sanitasi.

Biasakan untuk selalu menggunakan alas kaki, terutama saat beraktivitas di luar ruangan. Pastikan pula Anda selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum mengolah makanan, sebelum maupun setelah makan, serta sehabis menggunakan toilet. Anda pun wajib mencuci buah dan sayur hingga benar-benar bersih, dan memasak daging hingga matang sepenuhnya.

Jangan biarkan cacing tersebut mengambil manfaat dari tubuh Anda. Segera terapkan gaya hidup bersih dan sehat, agar cacingan tidak terjadi pada Anda maupun anggota keluarga lainnya!

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar