HomeGaya hidupDiet dan NutrisiBeda Gelato dan Es Krim, Lebih Baik Mana untuk Kesehatan?
Diet dan Nutrisi

Beda Gelato dan Es Krim, Lebih Baik Mana untuk Kesehatan?

dr. Valda Garcia, 21 Des 2020

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Gelato dan es krim memiliki bentuk yang mirip, namun kandungan gizi jauh berbeda. Lantas, mana yang terbaik di antara keduanya?

Beda Gelato dan Es Krim, Lebih Baik Mana untuk Kesehatan?

Anda pasti sudah tidak asing dengan es krim, bukan? Bagaimana dengan gelato, tahukah Anda mengenai istilah yang satu ini?

Gelato dan es krim merupakan jenis makanan yang sangat mirip. Namun, jika ditelisik lebih dalam, kandungan gizi di antara dua jenis makanan tersebut ternyata sangat berbeda, lho!

Yuk, kenali beda gelato dan es krim agar Anda dapat mengetahui mana yang lebih sehat di antara keduanya!

Beda Gelato dan Es Krim

Apa saja beda gelato dan es krim? Berikut ini beberapa di antaranya:

Kandungan Lemak

Gelato diklaim memiliki kandungan lemak yang lebih rendah ketimbang es krim. Lemak yang terdapat pada es krim berkisar antara 14 hingga 25 persen, sedangkan lemak pada gelato hanya berkisar 4 hingga 9 persen.

Tekstur

Beda gelato dan es krim yang paling jelas terlihat mata adalah tekstur. Gelato memiliki tekstur yang lebih padat ketimbang es krim. 

Kandungan Udara

Beda gelato dan es krim yang lainnya adalah kandungan udara di dalamnya. Gelato diketahui memiliki 20 hingga 30 persen kandungan udara, sedangkan es krim memiliki kandungan udara dengan kadar 50 persen atau lebih.

Bahan Dasar

Faktanya, tidak semua gelato diciptakan dari bahan yang sama. Pada dasarnya, gelato terbuat dari susu, krim dan sedikit kuning telur. Sementara itu, es krim terbuat dari susu dan banyak kuning telur.

Daya Tahan

Produsen gelato semakin berinovasi dengan menghadirkan berbagai varian rasa dan penyajian yang unik. Hanya saja, karena mengandung lebih sedikit udara dibandingkan es krim, maka gelato memiliki daya tahan yang lebih pendek dan hanya bisa diproduksi dalam jumlah sedikit.

Artikel Lainnya: Bahaya Makan Es Krim yang Dibekukan Ulang Setelah Mencari

Mana yang Lebih Sehat, Gelato atau Es Krim?

Jika melihat dari komposisi keduanya, sepertinya es krim memiliki dampak yang lebih buruk bagi kesehatan. Ini karena es krim memiliki kandungan lemak yang lebih tinggi daripada gelato.

Nyatanya, kelebihan lemak merupakan cikal bakal obesitas atau kelebihan berat badan. Hal ini nantinya dapat memicu kondisi kesehatan lain yang lebih berbahaya, misalnya penyakit jantung, diabetes, dan stroke.

Namun, meski gelato terlihat lebih menyehatkan daripada es krim, bukan berarti Anda bisa mengonsumsinya secara berlebihan. Ingat, makanan sehat yang dikonsumsi berlebihan malah bisa berdampak tidak baik bagi kesehatan.

Sekarang Anda sudah tahu beda gelato dan es krim, bukan? Jika ingin bertanya mengenai makanan sehat atau penyakit, Anda dapat menghubungi dokter melalui fitur Tanya Dokter online atau di aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

gelatoEs Krimmakanan

Konsultasi Dokter Terkait