Sukses

Perlukah Diet Khusus untuk Anak ADHD?

Bagaimana peran diet terhadap anak yang mengidap ADHD?

Klikdokter.com, Jakarta Selain dilakukan untuk menurunkan berat badan, diet juga diperlukan untuk beberapa kondisi medis tertentu. Mengontrol penyakit melalui makanan dapat sangat membantu untuk mempercepat proses penyembuhan. Lalu, apakah anak penderita attention-deficit/hyperactivity disorder (ADHD) juga memerlukan diet khusus?

Makanan merupakan salah satu kunci utama yang berpengaruh dalam menciptakan sistem imun yang kuat. Tak heran bila dokter akan menyarankan pasiennya untuk menghindari makanan tertentu demi mencegah atau mengatasi penyakit yang dialami.

Penderita darah tinggi, diabetes, kolesterol, dan asam urat tentu tidak asing lagi dengan pantangan makanan. Tak terkecuali pada anak dengan ADHD.

Diet untuk anak ADHD

Pada dasarnya, diet ADHD lebih diarahkan agar makanan yang dikonsumsi dapat membantu otak bekerja lebih baik dan mengurangi gejala, seperti kegelisahan atau kurangnya fokus.

Seorang ahli, dr. Richard Sogn, MD, mengatakan bahwa makanan yang baik untuk otak akan memiliki dampak yang baik pula bagi penderita ADHD.

Jenis-jenis makanan yang baik untuk otak adalah makanan tinggi protein (kacang-kacangan, keju, telur, daging), rendah karbohidrat (kurangi makanan seperti gula, nasi putih, dan kentang), buah (jeruk, pir, apel, kiwi), dan asam lemak omega-3 (tuna, salmon).

Meski demikian, tetap dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai perlu atau tidaknya diet khusus pada anak dengan kondisi ini.

Selain itu, belum ada bukti ilmiah bahwa ADHD disebabkan oleh diet atau masalah pada nutrisi. Tapi, tak menutup kemungkinan bahwa makanan tertentu memainkan peran dalam memengaruhi gejala pada sekelompok kecil orang.

ADHD merupakan kondisi khusus yang tidak bisa “disembuhkan”, tetapi masih dapat dikendalikan. Oleh karena itu, peran orang tua sangatlah penting untuk membantu meminimalkan gejala. Selalu konsultasikan dengan dokter anak Anda agar dapat dipantau terus perkembangannya.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar