Sukses

Kiat Menjaga Kesehatan di Tempat Kerja

Anda tetap dapat menjaga kesehatan tubuh di tengah kesibukan kerja, dengan melakukan beberapa langkah berikut ini.

Klikdokter.com, Jakarta Tahukah Anda, bahwa duduk selama delapan jam di depan komputer, selama lima hari dalam satu minggu, dapat membahayakan kesehatan tubuh Anda? Kondisi ini akan semakin buruk jika ditambah dengan pola makan yang buruk juga.

Tuntutan kerja yang semakin tinggi dan kerap memaksa Anda harus menjadi pribadi yang multitasking, tentu saja memaksa Anda agar tetap sehat.

Dikutip dari WebMD, inilah beberapa kiat untuk menjaga tubuh tetap bugar dan sehat, yang bisa Anda terapkan di tempat kerja:

1. Minum air yang cukup

Delapan sampai sepuluh gelas air setiap hari dapat membantu tubuh tetap terhidrasi. Sumber air yang baik juga bisa didapatkan dari buah-buahan seperti jeruk, anggur, semangka, dan apel.

“Pukul tiga siang, banyak orang merasa dehidrasi di tempat kerja, jadi banyaklah minum air putih,” kata Dawn Jackson dari American Dietetic Association.

2. Olahraga

Anda bisa melakukan olahraga sederhana seperti berjalan kaki menuju kantin saat jam makan siang. Dawn menyarankan untuk mencari teman berjalan kaki setiap hari. Jadi bila Anda malas, ada orang lain yang mengingatkan.

Jika benar-benar tidak bisa keluar saat makan siang, parkirkan kendaraan Anda lebih jauh dari tempat dimana Anda biasanya parkir. Selain itu, Anda bisa berjalan kaki sebentar di pagi dan sore hari, atau biasakan untuk naik tangga, bukan lift.

3. Makan siang

Makan siang yang sehat merupakan bagian penting dari diet seimbang. Akan tetapi, makan dalam porsi yang wajar juga merupakan bagian penting dari kesehatan Anda.

Jadi saat siang, makanlah makanan yang sehat di tempat kerja sambil mengontrol porsinya. “Sehingga, Anda tidak terlalu banyak mengonsumsi kalori, dan kemudian duduk di kursi sepanjang sore. Sering kali bukan karena makanannya tidak sehat, hanya saja Anda makan terlalu banyak,” kata Dawn.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

4. Tension neck syndrome (TNS)

Menurut National Institute of Environmental Health Sciences, TNS dapat terjadi saat leher dan bahu atas dalam posisi tegang untuk jangka waktu yang lama. Hal ini biasa terjadi pada orang yang banyak menghabiskan waktu untuk berbicara di telepon sepanjang hari, atau mengetik di depan komputer.

“TNS dapat menyebabkan nyeri pada leher, bahu, dan sesak,” kata Alan Hedge, professor of ergonomics di Cornell University. Untuk mengurangai gejala TNS, Anda bisa menggunakan headset saat sedang berbicara di telepon.

5. Ketegangan mata

Menurut University of California, mata tegang adalah salah satu masalah yang bisa dirasakan bagi mereka yang banyak menghabiskan waktu di depan komputer. Jika dibiarkan terlalu lama, hal ini dapat menyebabkan sakit kepala, sulit fokus, dan meningkatkan kepekaan terhadap cahaya.

Untuk mencegahnya, Alan menyarankan untuk mengatur jarak antara mata dan layar komputer sekitar 50 cm. Pastikan Anda bisa membaca dengan nyaman dari layar komputer tanpa harus menyipitkan mata. Perbesar ukuran font pada komputer bila Anda tidak bisa membaca dari jarak jauh.

6. Liburan

Liburan merupakan bagian penting untuk menjaga kesehatan di tempat kerja. “Pergi berlibur akan membantu Anda mengisi ulang ‘baterai Anda’,” kata Jonathan Kramer dari Business Psychology Consulting. Menurutnya, liburan membantu mengurangi stres dan mengalihkan pikiran dari rutinitas pekerjaan sehari-hari. Hal ini akan sangat membantu, terutama jika Anda mengalami konflik di tempat kerja.

7. Menjaga kebersihan

Keyboard, mouse, dan telepon bisa menampung ribuan kuman. Pada akhirnya, hal ini bisa menyebabkan tubuh sakit. 

Menjaga pola hidup sehat merupakan tantangan bagi para pekerja kantoran. Namun hal tersebut tetap dapat diupayakan. Agar kesehatan tubuh tetap terjaga di tempat kerja, Anda dapat menerapkan kiat-kiat di atas.

[BA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar