Sukses

Mengenal Khasiat Biji Buah-buahan untuk Kesehatan

Sering kali kita menganggap bahwa hanya daging buah yang memiliki manfaat. Padahal, bagian biji beberapa buah juga berkhasiat untuk kesehatan.

Ketika kita mengonsumsi buah, sering kali kita hanya memakan daging buahnya saja. Sedangkan kulit dan bijinya dibuang tanpa dilirik karena mayoritas rasanya yang tergolong pahit. Padahal, tak sedikit biji buah yang bermanfaat untuk kesehatan.

Memang tak semua biji buah dapat dimakan, namun beberapa biji buah seperti alpukat dan apel memiliki nutrisi yang tinggi. Selain itu, menurut penelitian, sebagian besar biji buah juga mengandung asam amino, vitamin dan mineral.

1 dari 2 halaman

Biji Buah-buahan yang Bermanfaat bagi Kesehatan

Berikut ini manfaat biji dari berbagai buah yang baik untuk kesehatan:

1. Biji Alpukat

Biji buah alpukat adalah salah satu sumber serat larut terbaik. Biji alpukat mengandung lebih dari 70 persen antioksidan yang dipercaya membantu menurunkan kolesterol tinggi, mencegah penyakit kardiovaskular dan stroke. Selain itu, biji alpukat dapat mengurangi peradangan di saluran pencernaan dan membantu mengatasi masalah usus.

2. Biji Apel

Dalam sebuah penelitian ditemukan, manfaat biji buah apel dapat membantu membunuh sel kanker di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan biji apel mengandung vitamin B17 yang dikenal sebagai laetrile, yang membantu penyembuhan kanker.

Artikel Lainnya: Benarkah Telan Biji Buah Sebabkan Usus Buntu?

3. Biji Pepaya

Biji buah pepaya mengandung alkaloid anthelmintik, yang dapat membantu membunuh cacing parasit dan amuba.

Tak hanya itu, biji pepaya mengandung glukosinolat yang menguntungkan yang disebut glucotropaeolin. Ketika zat ini melewati proses metabolisme oleh tubuh, maka akan menciptakan salah satu senyawa antikanker terkuat yang disebut isothiocyanate.

4. Biji Lemon

Biji lemon mengandung sejumlah asam salisilat (bahan utama aspirin). Mengonsumsi beberapa biji lemon tidak akan merugikan kesehatan Anda. Pada dasarnya, semua biji dari buah sitrus aman untuk dikonsumsi.

5. Biji Semangka

Biji buah semangka mengandung seng yang sangat tinggi, berguna untuk mengatur lebih dari 100 enzim yang berada di dalam tubuh. Sayangnya, mineral ini tidak dapat disimpan dalam tubuh dalam jangka waktu yang lama.

Pastikan bahwa Anda mendapatkan banyak seng dalam makanan Anda setiap hari. Selain itu, biji semangka juga mengandung arigin asam amino, yang membantu tekanan darah dan mengobati penyakit jantung koroner.

Artikel Lainnya: Benarkah Biji Alpukat Memiliki Sifat Antiinflamasi?

6. Biji Anggur

Dari beberapa penelitian ditemukan bahwa konsumsi biji buah anggur menunjukkan aktivitas penghambatan terhadap kanker, gagal jantung, dan gangguan stres oksidatif.

7. Biji Nangka

Di negara-negara Asia nangka banyak ditemukan dan dikenal sebagai salah satu buah yang hampir semua bagiannya bisa dimakan. Terutama di Indonesia, biji nangka sudah lazim ditemukan dalam berbagai olahan.

Nyatanya, biji buah nangka juga kaya akan pati, protein, berbagai vitamin dan mineral, serta antioksidan. Biji nangka kaya akan dua jenis vitamin B yaitu thiamin dan riboflavin yang baik untuk memasok energi tubuh.

8. Biji Markisa

Banyak orang membuang biji buah markisa saat memakan buah tropis ini. Padahal, biji markisa banyak mengandung nutrisi seperti antioksidan yang bantu perangi radikal bebas dalam tubuh.

Biji buah markisa juga mengandung magnesium yang merupakan mineral esensial untuk kesehatan, salah satunya metabolisme karbohidrat dalam tubuh. Selain itu, kandungan serat dalam biji buah markisa juga dapat mendukung kesehatan saluran pencernaan.

Dalam memilih biji buah yang akan dikonsumsi, pilihlah biji buah yang bermanfaat dan memang dapat dimakan. Karena tidak semua biji buah dapat dimakan dan bahkan ada beberapa yang sebaiknya dihindari. Jadi, cari tahu terlebih dahulu mengenai info terkait biji buah yang Anda pilih sebelum mengonsumsinya.

Untuk membaca informasi dan artikel kesehatan lainnya, Anda bisa mengunduh aplikasi KlikDokter.

[FY]

0 Komentar

Belum ada komentar