Sukses

Kenali Gejala Kanker Pankreas sejak Dini

Inilah tanda-tandanya bahwa Anda menderita kanker pankreas.

Klikdokter.com, Jakarta Kanker pankreas adalah penyakit yang disebabkan karena munculnya tumor di pankreas. Di Inggris, menurut  Pancreatic Cancer UK,  kanker pankreas diperkirakan akan menjadi salah satu penyebab kematian terbesar setelah penyakit kanker paru-paru, usus dan prostat.

Diprediksi pula bahwa angka penderita kanker pankreas akan menyalip angka penderita kanker payudara, karena kurangnya pemahaman masyarakat dalam mendeteksi penyakit ini sejak dini.

Hasil analisis dari Pancreatic Cancer UK tersebut menyatakan jumlah orang yang meninggal akibat kanker pankreas akan meningkat sebesar 28 persen pada tahun 2026.

Lantas, bagaimana mengenali tanda-tanda bahwa Anda terkena kanker pankreas? Berikut ini adalah beberapa gejala yang sering terlihat.

  • Nyeri di daerah punggung atau perut. Rasa sakit ini biasanya terjadi saat Anda berbaring atau setelah makan.
  • Penurunan berat badan yang tidak diharapkan.
  • Menguningnya kulit dan bagian putih mata.
  • Kanker pankreas juga menyebabkan urine Anda berwarna kuning atau jingga gelap dan tinja berwarna pucat.
  • Timbul rasa mual.
  • Demam menggigil.
  • Gangguan pencernaan.
  • Hilangnya selera makan.
  • Darah mudah menggumpal.
  • Perubahan pola buang air besar (BAB).
  • Hilangnya selera makan.
  • Kesulitan menelan.
1 dari 2 halaman

Menurut Alex Ford

Sementara itu, Alex Ford selaku Chief Executive Pancreatic Cancer UK mengatakan, semua orang harus menyadari tanda-tanda kanker pankreas yang muncul di tubuhnya.

Sebanyak 93 persen mereka yang didiagnosis kanker pankreas hidupnya tidak lebih dari lima tahun. Hal ini disebabkan karena 80 persen pasien baru menyadarinya setelah memasuki stadium lanjut, sehingga membuat pilihan pengobatan menjadi terbatas.

“Jika orang tidak khawatir melihat sejumlah gejala yang mungkin terjadi, dan pada saat bersamaan tidak memahami keseriusan kanker pankreas, mereka mungkin tidak melakukan tindakan dengan cukup cepat, yang kemudian dapat menunda diagnosis dan pengobatan,” ucap Ford.

“Kami tidak ingin orang panik jika mereka memiliki beberapa atau semua gejala ini, karena kebanyakan orang yang memilikinya belum tentu memiliki kanker pankreas. Tetapi sangat penting bagi orang untuk mengetahui lebih banyak tentang penyakit ini, dan berbicara dengan dokter umum jika mereka memiliki gejala ini,” sambungnya.

Pada tahap awal, tumor di pankreas biasanya tidak menimbulkan gejala apapun, sehingga hal ini bisa menyulitkan diagnosa. Bahkan, beberapa gejala di atas biasanya disebabkan oleh berbagai kondisi dan bukan disebabkan oleh kanker pankreas.

Kanker pankreas pada tahap dini umumnya dapat diobati dan disembuhkan melalui pembedahan. Setelah itu, biasanya dokter akan merekomendasikan pengobatan lanjutan atau adjuvant therapy yang meliputi kemoterapi dan radioterapi.

Setelah Anda mengetahui sejumlah gejala kanker pankreas yang diuraikan di atas, segera kunjungi dokter jika Anda sering mengalami salah satu gejala tersebut. Semakin dini kanker pankreas diatasi, Anda bisa segera mendapatkan penanganan yang tepat.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar