Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeGaya hidupDiet dan NutrisiIni Alasan Tidak Boleh Minum Kopi Saat Perut Kosong
Diet dan Nutrisi

Ini Alasan Tidak Boleh Minum Kopi Saat Perut Kosong

dr. Nadia Octavia, 18 Mei 2020

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Kopi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Tapi jika diminum saat perut kosong, justru dapat berefek buruk bagi tubuh Anda.

Ini Alasan Tidak Boleh Minum Kopi Saat Perut Kosong

Bagi sebagian orang, kopi ibarat candu karena dapat membuat Anda lebih terjaga dan meningkatkan mood. Tak sedikit juga yang menjadikan kopi sebagai minuman pertama yang dikonsumsi di pagi hari, bahkan dalam keadaan perut kosong. 

Namun Anda sebaiknya berhati-hari, karena ada efek kesehatan yang bisa terjadi jika minum kopi saat perut kosong.

Dampak Minum Kopi saat Perut Kosong

  1. Meningkatkan Asam Lambung

Menurut penelitian yang dipublikasikan di Journal of Agricultural and Food Chemistry, disebutkan bahwa efek minum kopi saat perut kosong dapat merangsang peningkatan produksi asam lambung. Akibatnya, bisa timbul keluhan seperti nyeri ulu hati, mual, dan muntah.

Selain itu, minum kopi saat perut kosong dapat memperberat beberapa penyakit saluran cerna, salah satunya irritable bowel syndrome. Keluhan heartburn, nyeri perut, kembung, dan gangguan pencernaan lainnya pun bisa muncul. 

Artikel Lainnya: Tips Memesan Minuman yang Sehat di Kedai Kopi

  1. Meningkatkan Hormon Stres

Salah satu efek yang dapat terjadi jika minum kopi saat perut kosong adalah peningkatan hormon stres yaitu kortisol. Hormon kortisol diproduksi oleh kelenjar adrenal dan berperan untuk metabolisme, mengatur tekanan darah, dan gula darah.

Pada saat Anda baru bangun tidur, terdapat peningkatan hormon kortisol dalam tubuh. Lalu hormon ini akan menurun di siang hari dan meningkat kembali saat akan tidur. Untuk itu, pada orang yang minum kopi di pagi hari saat perut kosong, peningkatan kadar hormon kortisol bisa terjadi.

  1. Memicu Kecemasan

Kopi sering kali menjadi teman setia di kala Anda merasa stres akan deadline pekerjaan atau lembur di kantor. Namun, National Institute of Mental Health di Amerika Serikat menyarankan bagi Anda yang sering mengalami gangguan cemas untuk menghindari kopi ataupun minuman berkafein lainnya. 

Kafein dapat memperparah kecemasan, karena dapat membuat Anda tidak dapat tertidur pulas atau mencetuskan respons flight or fight tubuh. Jadi bagi Anda yang memiliki gangguan cemas, hati-hati agar tidak minum kopi terlalu banyak.

Artikel Lainnya: Sering Sakit Perut Usai Minum Kopi, Apa yang Salah?

  1. Menyebabkan Peningkatan Mineral

Dampak minum kopi saat perut kosong di pagi hari, juga dapat menyebabkan hilangnya berbagai mineral penting di dalam tubuh melalui urine. Mineral ini termasuk kalsium, potasium, dan magnesium. Jadi sebaiknya pertimbangkan lagi kebiasaan Anda, agar terhindar dari bahaya minum kopi saat perut kosong. 

  1. Memengaruhi Kadar Gula Darah

Efek minum kopi saat perut kosong lainnya adalah dapat menurunkan sensitivitas insulin. Sensitivitas insulin berarti respons sel-sel tubuh terhadap kadar gula darah. Setelah Anda makan, tubuh memproduksi insulin untuk mencerna glukosa yang masuk dan terjadi peningkatan kadar gula darah. 

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di jurnal Diabetes Care, disebutkan bahwa minum kopi dapat menurunkan resistensi insulin dan meningkatkan kadar gula darah.

Artikel Lainnya: Kata Siapa Penderita Mag Tidak Boleh Minum Kopi

Selain hal-hal di atas, kopi juga dapat menyebabkan efek adiktif. Bahkan menurut studi yang dipublikasikan di Journal of Food Science, pada beberapa orang, efek adiktif ini dapat diturunkan secara genetik dan membuat mereka berisiko mengalami ketergantungan kopi.

Minum kopi sebelum makan dan secara berlebihan juga dapat menyebabkan terjadinya gangguan cemas, berdebar, serangan panik, nyeri kepala, insomnia, dan peningkatan tekanan darah. Untuk itu, batasi konsumsi kafein Anda maksimal 400 mg per hari (sekitar 0,95–1,12 liter kopi). 

Perlu Anda perhatikan juga bahwa untuk wanita hamil, sebaiknya batasi konsumsi kopi maksimal 1 cangkir per hari. Selain itu, pastikan Anda tidak minum kopi saat perut kosong agar tidak terjadi masalah kesehatan. 

Jika Anda masih memiliki pertanyaan seputar topik ini, silakan berkonsultasi dengan dokter kami melalui fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter. Gratis!

[FY/ RS]

Minum Kopiperut kosongkopi

Konsultasi Dokter Terkait