HomeInfo SehatKesehatan UmumSering Sakit Punggung Saat Bangun Tidur? Ini Penyebabnya!
Kesehatan Umum

Sering Sakit Punggung Saat Bangun Tidur? Ini Penyebabnya!

dr. Muhammad Isman S, 13 Mar 2023

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Bagi kamu yang sering sakit punggung saat bangun tidur, jangan anggap sepele. Berikut penyebab punggung sakit saat bangun tidur.

Sering Sakit Punggung Saat Bangun Tidur? Ini Penyebabnya!

Tidur merupakan kebutuhan manusia untuk mengembalikan energi dan stamina. Setelah bangun tidur, seharusnya kamu akan merasa nyaman, rileks, dan kembali bersemangat untuk beraktivitas.

Namun, tak jarang setelah bangun tidur, kamu justru merasakan sakit punggung. Jika kamu mengalami hal ini, bisa jadi ada yang salah dari kebiasaan tidurmu. 

Ada banyak penyebab punggung sakit saat bangun tidur. Mulai dari kebiasaan yang buruk atau mungkin pertanda sebuah penyakit. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui berbagai penyebab tersebut. Berikut beberapa di antaranya: 

1. Posisi Tidur

Posisi tidur yang salah bisa jadi salah satu penyebab sakit punggung saat bangun tidur. Sebaiknya, hindari tidur tengkurap karena bisa menyebabkan nyeri punggung, leher, hingga kepala saat bangun tidur. 

Cobalah tidur telentang atau miring. Kamu bisa menaruh bantal di antara kedua lutut saat tidur miring. Sementara dalam posisi telentang, taruh bantal di bawah kedua lutut agar tulang belakang tetap pada posisi alami.

2. Bantal

Menurut The American Physical Therapy Association, posisi tidur yang tepat juga bergantung pada bantal yang digunakan. 

Tidak disarankan menggunakan bantal yang terlalu tebal atau ditumpuk karena bisa menyebabkan nyeri punggung. 

Kamu juga harus tahu kalau bantal berisi bulu angsa, bulu binatang, atau kapuk sering kali mudah lapuk dan menyebabkan nyeri punggung dan nyeri leher. Sebagai alternatif, pilih bantal dari bahan viskoelastik, memory foam, atau bantal yang didesain khusus, seperti bantal servikal (cervical pillow).

3. Kasur

Hindari penggunaan kasur yang terlalu empuk atau terlalu keras, kecuali kamu memiliki kondisi medis tertentu. 

Hal ini dilakukan agar kelengkungan alami tulang belakang tidak berubah. Kamu juga perlu mengganti kasurmu, paling tidak 10 tahun sekali. 

Penggunaan kasur yang terlalu lama, di atas 10 tahun, bisa meningkatkan risiko nyeri punggung saat bangun tidur.

4. Kehamilan

Nyeri punggung selama kehamilan memang sangat umum. Biasanya terjadi pada usia kehamilan 8 minggu. Namun, bisa jadi masalah jika terjadi antara bulan ke-5 dan ke-7. 

Setelah tidur lama, nyeri punggung bawah bisa terasa lebih buruk pada pagi hari, menyebabkan kaku berkepanjangan, dan otot tegang.

5. Degenerasi Bantalan Sendi

Penyakit cakram degeneratif bisa jadi penyebab sakit punggung saat bangun tidur. Kondisi ini biasanya terjadi karena penuaan atau faktor lain pada tubuhmu. 

Degenerasi bisa menimbulkan rasa sakit yang hebat pada pagi hari. Untuk menghilangkan rasa sakit, dokter dapat memberikan suntikan steroid atau obat penghilang rasa sakit. 

Dokter mungkin akan menyarankan penggunaan korset atau brace untuk mendukung punggung.

6. Fibromialgia

Fibromialgia adalah penyakit kronis yang menyebabkan rasa nyeri tersebar di beberapa bagian tubuh. Kondisi ini dapat disertai gangguan tidur, stres, dan depresi. 

Belum ada obat untuk mengatasi fibromialgia. Namun, obat penghilang rasa sakit dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi rasa sakit.

Dokter dapat merekomendasikan terapi atau konseling untuk membantu meningkatkan kualitas hidup dan mengajarkan kamu cara untuk mengatasi gangguan ini.

Artikel Lainnya: Kondisi Medis yang Bisa Picu Nyeri Punggung

7. Cara Bangun dari Tempat Tidur

Meskipun terdengar tidak penting, bangun dari tempat tidur dengan cara yang salah bisa menambah rasa sakit pada punggung bagian bawah. 

Banyak orang duduk dan segera memutar punggung menghadap sisi tempat tidur, lalu menggunakan otot-otot punggung untuk berdiri.

Posisi tersebut tidak benar dan bisa membuat punggung bawah tegang. Cara bangun tidur yang tepat adalah berguling ke samping dan mendorong dirimu menggunakan lengan, lalu gunakan kaki untuk masuk ke posisi berdiri.

8. Aktivitas yang Berlebihan Sebelum Tidur

Olahraga teratur bisa memperkuat punggung dan mengurangi sakit. Namun, jika dilakukan berlebihan justru dapat menyebabkan nyeri dan kekakuan. 

Penting untuk memperhatikan postur tubuh selama dan setelah aktivitas fisik yang intens. Pemanasan dan pendinginan yang benar juga dapat membantu mengurangi nyeri punggung dan kekakuan otot pada hari berikutnya.

9. Stenosis Spinal

Stenosis spinal merupakan sebuah kondisi di mana ruang pada tulang belakang menyempit. Hal tersebut akan menyebabkan saraf mudah tertekan dan menimbulkan rasa sakit pada punggung. 

Terkadang, kondisi ini terjadi ketika kamu tidur dan menimbulkan nyeri di bagian belakang tubuh ketika bangun. Rasa nyeri biasanya menjalar ke bagian lain, seperti kaki, tangan, atau leher, dan dapat disertai dengan mati rasa. 

10. Herniasi diskus

Diskus tulang belakang adalah bantalan kecil yang mengisi ruang di antara tulang belakang. Terkadang, diskus tersebut meradang dan akhirnya mengalami herniasi atau keluar dari tempatnya. 

Herniasi diskus akan terasa lebih nyeri setelah tidak aktif bergerak selama beberapa saat. Itulah sebabnya, terkadang rasa nyeri pinggang juga muncul setelah kamu bangun tidur.  

Artikel Lainnya: Atasi Nyeri Punggung dengan Ragam Makan Ini

Tidur seharusnya menjadi waktu untuk relaksasi sehingga kamu akan bangun dalam kondisi segar. Jika kamu sering sakit punggung saat bangun tidur, beberapa kiat di atas dapat kamu terapkan.

Mari #JagaSehatmu agar terbebas dari sakit punggung dan kamu bisa bangun tidur dengan lebih bugar. Jika kamu masih memiliki pertanyaan seputar topik ini, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter kami melalui fitur Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter.

(DA/NM)

sakit punggungPosisi Tidurbangun tidurnyeriNyeri Punggung

Konsultasi Dokter Terkait