Sukses

Sering Sakit Punggung Saat Bangun Tidur? Ini Penyebabnya!

Bagi Anda yang sering sakit punggung saat bangun tidur, jangan anggap sepele. Berikut penyebab dan cara mengatasinya.

Tidur sudah menjadi kebutuhan tubuh untuk mengembalikan energi dan stamina. Setelah bangun tidur, seharusnya Anda akan merasa nyaman dan rileks.

Namun, tak jarang setelah bangun tidur, Anda justru merasakan sakit punggung. Jika Anda mengalami hal ini, bisa jadi ada yang salah dari kebiasaan tidur Anda.

 

1 dari 2 halaman

Penyebab Sakit Punggung Saat Bangun Tidur

Jika merasakan sakit punggung saat bangun tidur, bisa jadi kondisi tersebut disebabkan oleh hal-hal berikut:

1. Posisi Tidur

 

Posisi tidur yang salah dapat menjadi salah satu penyebab sakit punggung saat bangun tidur. Oleh karena itu, pastikan posisi tidur Anda dapat menjaga kelengkungan alami tulang belakang.

Hindari tidur tengkurap karena akan membuat tulang belakang Anda bermasalah. Tidur dalam posisi tengkurap juga dapat menyebabkan nyeri leher, nyeri punggung, serta nyeri kepala setelah bangun tidur.

Artikel Lainnya: Bagaimana Posisi Tidur Terbaik bagi Tubuh Anda?

Cobalah untuk tidur telentang atau miring, meski sebetulnya posisi ini juga dapat menyebabkan nyeri pada punggung bawah atau area panggul setelah bangun tidur. Untuk menyiasatinya, letakkan bantal di antara kedua lutut saat tidur dengan posisi miring.

Sementara itu, saat tidur dalam posisi telentang, letakkan bantal di bawah kedua lutut Anda agar tulang belakang berada pada posisi alami.

2. Bantal

The American Physical Therapy Association menyebutkan bahwa posisi tidur yang tepat juga bergantung pada bantal yang Anda gunakan. Bantal yang terlalu tebal atau ditumpuk tidak disarankan karena dapat menyebabkan nyeri punggung, kecuali Anda memiliki penyakit tertentu.

Perlu Anda ketahui, bantal yang berisi bulu angsa, bulu binatang, atau kapuk sering kali mudah lapuk atau menjadi tipis dan menyebabkan nyeri punggung atau nyeri leher.

Anda bisa menggunakan bantal yang memiliki material spesifik seperti berbahan viskoelastik, memory foam, atau bantal yang didesain khusus seperti bantal servikal (cervical pillow).

Artikel Lainnya: Bantal Mahal, Jaminan Kualitas Tidur yang Lebih Baik?

Gunakan bantal-bantal jenis tersebut, terutama jika Anda sering memiliki masalah nyeri leher atau nyeri punggung saat bangun tidur. Jangan lupa juga untuk rutin mengganti bantal Anda.

3. Kasur

Penggunaan kasur tertentu bisa membuat Anda mengalami sakit punggung saat bangun tidur. Upaya yang dapat Anda lakukan adalah dengan menghindari penggunaan kasur yang terlalu empuk atau terlalu keras, kecuali Anda memiliki kondisi medis tertentu.

Hal tersebut dilakukan agar tidak mengubah kelengkungan alami tulang belakang Anda.  Jangan lupa juga untuk mengganti kasur Anda paling tidak setiap 10 tahun sekali. Penggunaan kasur yang terlalu lama (>10 tahun) dapat meningkatkan risiko Anda mengalami nyeri punggung saat bangun tidur.

 

4. Kehamilan

Nyeri punggung selama kehamilan sangat umum. Beberapa wanita mungkin mengalaminya pada usia kehamilan 8 minggu, tetapi kemungkinan besar akan menjadi masalah jika terjadi antara bulan kelima dan ketujuh.

Kehamilan dapat menyebabkan ketegangan pada otot punggung bawah. Setelah tidur dalam waktu yang lama, nyeri punggung bawah ini bisa menjadi lebih buruk di pagi hari, menyebabkan kekakuan yang berkepanjangan dan otot tegang.

Untuk mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan, cobalah regangkan dan gunakan kaki Anda untuk berdiri daripada memberikan tekanan pada punggung Anda. Jika rasa sakit Anda berlanjut, kompres hangat dapat membantu meringankannya.

 

5. Degenerasi Bantalan Sendi

Penyakit cakram degeneratif bisa menjadi salah satu penyebab sakit punggung saat bangun tidur. Kondisi ini biasanya terjadi karena penuaan atau faktor lainnya pada tubuh Anda.

Artikel Lainnya: Penyebab Nyeri Sendi yang Paling Sering Terjadi

Degenerasi ini bisa menyebabkan rasa sakit yang hebat dan ketidaknyamanan yang memburuk di pagi hari. Namun, ada juga beberapa penderita yang tidak merasakan ketidaknyamanan tersebut.

Perawatan yang dapat dilakukan, yakni dengan suntikan steroid untuk menghilangkan rasa sakit atau obat penghilang rasa sakit. Dokter atau terapis Anda mungkin juga menyarankan mengenakan korset atau brace untuk mendukung punggung.

 

6. Fibromialgia

Fibromialgia adalah penyakit kronis yang menyebabkan rasa nyeri yang tersebar di beberapa bagian tubuh pada titik tertentu. Kondisi ini disertai dengan gangguan tidur, dan tak sedikit juga penderita yang mengalami stres dan depresi. Wanita lebih rentan terhadap penyakit ini dibandingkan dengan pria.

Belum ada obat untuk mengatasi fibromyalgia. Tapi, sejumlah obat penghilang rasa sakit dapat digunakan untuk membantu meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi gejala sakit.

Dokter dapat merekomendasikan terapi atau konseling untuk membantu meningkatkan kualitas hidup Anda dan mengajarkan Anda cara untuk mengatasi gangguan ini.

 

7. Cara Anda Bangun dari Tempat Tidur

Meskipun kedengarannya relatif tidak penting, bangun dari tempat tidur dengan cara yang salah dapat menambah rasa sakit punggung bagian bawah. Banyak orang duduk dan segera memutar punggung mereka menghadap sisi tempat tidur, lalu menggunakan otot-otot di punggung mereka untuk berdiri.

Posisi tersebut tidak benar sehingga akhirnya bisa membuat punggung bawah Anda tegang. Cara yang tepat untuk melakukannya adalah berguling ke samping dan mendorong diri Anda menggunakan lengan, lalu gunakan kaki Anda untuk masuk ke posisi berdiri.

 

8. Aktivitas yang Berlebihan Sebelum Tidur

Olahraga teratur bisa membantu memperkuat punggung dan mengurangi sakit punggung. Namun, melakukannya secara berlebihan justru dapat menyebabkan nyeri punggung dan kekakuan di pagi hari.

Penting bagi seseorang untuk memperhatikan postur tubuh mereka selama dan setelah aktivitas fisik yang intens. Pemanasan dan pendinginan yang benar juga dapat membantu mengurangi nyeri punggung dan kekakuan otot pada hari berikutnya.

Tidur seharusnya menjadi waktu Anda untuk relaksasi sehingga Anda akan bangun dengan kondisi segar bugar. Apabila Anda sering mengalami masalah sakit punggung saat bangun tidur, beberapa kiat di atas dapat Anda perhatikan. Semoga bermanfaat!

Jika Anda masih memiliki pertanyaan seputar topik ini, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter kami melalui fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter.

[WA/ RS]

0 Komentar

Belum ada komentar