Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeGaya hidupPerawatan PriaMengenali Tanda-tanda Sperma Sehat
Perawatan Pria

Mengenali Tanda-tanda Sperma Sehat

Gerardus Septian Kalis, 25 Okt 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Apakah warna dan tingkat kekentalan menandakan sprema Anda sehat? Kenali ciri-cirinya di sini.

Mengenali Tanda-tanda Sperma Sehat

Sebagian besar pria masih percaya beberapa mitos soal sperma. Mulai dari warna dan tingkat kekentalan menandakan bahwa sperma tersebut dalam kualitas yang baik. Benarkah demikian?

Pakar andrologi dari Brawijaya Hospital, dr. Nugroho Setiawan Sp.And mengatakan, kualitas sperma sehat tak bisa dilihat hanya berdasarkan penampilan fisik semata. Sebagai dokter andrologi, ia bahkan mengaku tidak bisa melihat kualitas sperma hanya dari tampilan fisiknya. Menurutnya, sperma yang kental saat keluar, biasanya butuh waktu kira-kira 60 menit bagi sperma untuk menjadi cair.

Sedangkan, menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti, tingkat kekentalan sperma tidak menggambarkan kualitas sperma itu sendiri. Konsistensi kekentalan sperma setiap orang berbeda-beda karena ditentukan oleh banyak faktor.

“Sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan jika sperma encer, hal tersebut bukan berarti sperma Anda tidak baik. Cairan sperma atau semen normal pada umumnya bewarna putih keabu-abuan,” ungkapnya.

Selain itu, lanjutnya, warna dan konsistensi cairan ini sangat bervariasi. Faktor usia, makanan dan frekuensi ejakulasi merupakan beberapa faktor yang sangat berperan. “Pada awal ejakulasi cairan semen tampak kental dan lengket, kekentalan ini akan berangsur menurun dan mencair dalam waktu 20 hingga 30 menit,” ungkapnya.

Masih kata dokter Astrid, kekentalan sperma tidak berhubungan dengan kualitas sperma yang terkandung di dalamnya. Kualitas dan kuantitas sperma hanya bisa diketahui melalui pemeriksaan sperma analisis yang dilakukan oleh dokter spesialis andrologi.

“Faktor lain yang berperan dalam penentuan kualitas sperma adalah asupan nutrisi, stres, obesitas, obat-obatan yang dikonsumsi dan paparan asap rokok serta konsumsi pestisida atau oksidan lain dalam makanan,” katanya.

Pria subur rata-rata mengeluarkan 2 hingga 5 mL semen dalam satu kali ejakulasi. Volume semen biasanya lebih sedikit bila sering ejakulasi dan volume lebih banyak akan didapatkan setelah lama tidak berhubungan seksual.

Jika Anda ingin mengetahui kualitas sperma Anda sehat atau tidak, sebaiknya konsultasikan dengan dokter ahli. Tapi yang pasti, selalu jalankan pola hidup sehat.

[DA/ RVS]

PriaSpermaSperma Sehat

Konsultasi Dokter Terkait