Sukses

Ini Penyebab Tubuh Sering Keluar Keringat di Malam Hari

Merasa tubuh Anda sering keluar keringat di malam hari? Coba periksa apa penyebabnya di bawah ini.

Klikdokter.com, Jakarta Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab produksi keringat berlebih, terutama di malam hari. Baju tidur yang terlalu tebal atau bahan kasur yang panas bisa menyebabkan Anda berkeringat saat tidur di malam hari. Selain itu, ventilasi udara yang kurang dan cuaca juga bisa memicu keringat Anda terus mengucur. 

Namun tahukah Anda bahwa ada juga faktor lain, yang berasal dari dalam diri, penyebab Anda berkeringat? Jika Anda mengalami hal ini, cobalah memeriksakan ke dokter. Jangan-jangan salah satu dari tujuh hal di bawah ini adalah penyebabnya.

1. Menopause

Suhu yang panas bisa mengurangi kenyamanan tidur Anda. Kondisi ini dapat memicu keringat berlebih, apalagi jika Anda telah memasuki masa menopause. Jadi, berkeringat di malam hari adalah satu hal yang wajar terjadi pada wanita yang telah menopause.

2. Infeksi

Tubuh yang selalu berkeringat bisa jadi pertanda Anda tengah mengalami infeksi. Tuberkulosis adalah infeksi yang paling sering dikaitkan dengan keringat di malam hari.

Selain itu, ada beberapa kondisi lain yang nyatanya juga dapat memicu keringat di malam hari termasuk infeksi bakteri , seperti endokarditis (radang katup jantung ), osteomielitis (radang pada tulang), bahkan gejala infeksi HIV.

3. Kanker

Berkeringat di malam hari adalah gejala awal pada beberapa jenis kanker. Umumnya, kanker yang ditandai dengan keringat di malam hari adalah limfoma alias kelenjar getah bening. Namun pada kasus ini, tanda kanker biasanya juga disertai dengan beberapa gejala lain seperti penurunan berat badan dan demam yang tak kunjung turun.

4. Efek samping obat

Beberapa jenis obat tertentu dapat memberi efek keringat berlebih di malam hari. Salah satu jenis obat yang menyebabkan keringat adalah obat antidepresan. Mengutip dari webmd, sekitar 8 sampai 22 persen orang yang mengonsumsi jenis obat ini mengalami keringat berlebih di malam hari.

5. Hipoglikemia

Hipoglikemia adalah kondisi dimana kadar gula darah dalam tubuh Anda rendah. Biasanya kondisi ini rentan terjadi pada orang yang menderita diabetes. Sebab orang yang mengonsumsi insulin dan obat diabetes mungkin mengalami hipoglikemia pada malam hari yang disertai dengan berkeringat.

6. Gangguan hormon

Keringat di malam hari bisa juga disebabkan karena adanya gangguan hormon. Beberapa kelainan hormon yang sering menyebabkan keringat berlebih di malam hari adalah pheochromocytoma, carcinoid syndrome , dan hyperthyroidism.

7. Kondisi Neurologis

Beberapa kondisi neurologis termasuk nyeri saraf, adanya cairan pada sumsum tulang belakang, stroke, dan masalah saraf lainnya dapat menyebabkan keringat meningkat. Peningkatan produksi keringat pun terjadi bahkan saat Anda terlelap di malam hari.

Nyatanya ada banyak hal yang menyebabkan Anda mengeluarkan banyak keringat di malam hari. Ketika gejala tersebut disertai dengan beberapa gejala lainnya, segeralah lakukan pemeriksaan kesehatan. Jika Anda ragu dengan kondisi tubuh, segera konsultasikan dengan dokter.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar