Sukses

Manfaat Mandi Air Hangat untuk Kesehatan

Anda akan mendapatkan beberapa manfaat ini saat mandi dengan air hangat.

Klikdokter.com, Jakarta Setiap orang pasti suka mandi dengan air hangat karena memberikan kenyamanan, terlebih saat musim hujan. Selain membuat tubuh menjadi lebih rileks, mandi dengan air hangat juga memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan Anda.

Berikut ini adalah beberapa manfaat mandi air hangat untuk kesehatan Anda:

  1. Memberikan efek relaksasi

Sebuah penelitian di Mayo Clinic menyebutkan bahwa air hangat dapat menyebabkan jantung bekerja lebih cepat untuk memompa darah ke permukaan tubuh sehingga panas dapat dikeluarkan.

Hal ini menyebabkan pembuluh darah berdilatasi (ekspansi) sehingga menurunkan resistensi aliran pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah. Aliran pembuluh darah ke otot juga dapat membantu relaksasi otot.

  1. Meredakan pilek

Mandi air hangat memungkinkan Anda menghirup uap yang dapat melegakan pernapasan. Anda juga bisa menambahkan beberapa tetes minyak aromaterapi ke dalam air hangat untuk menciptakan suasana yang lebih santai.

  1. Melembapkan kulit

Mandi air hangat bisa membuka pori-pori dan membersihkan kotoran yang terdapat di dalamnya. Air hangat juga mampu melembapkan kulit, sehingga menciptakan  kulit yang lembut dan lentur.

  1. Membantu tidur lebih nyenyak

Anda dapat mengatasi sulit tidur dengan berendam di dalam air hangat. Perubahan suhu tubuh saat mandi air hangat sejenak dapat membantu tidur lebih nyenyak.

  1. Mengurangi stres

Jangan terburu-buru saat mandi air hangat. Luangkan waktu sebentar untuk melepas lelah dan rileks. Mandi air hangat memiliki efek menenangkan pada tubuh Anda. Cobalah memanjakan diri dalam ‘ritual’ ini, karena mandi air hangat ampuh meredakan stres.

  1. Memperbaiki sirkulasi darah

Air hangat bisa memperbaiki masalah pada otot, nyeri sendi yang terkait masalah arthritis, cedera otot, dan kelelahan pada otot. Air hangat akan melancarkan kerja pembuluh darah dengan membuat sendi, tendon, jaringan dan otot lebih kendur. Meski tidak bisa menyembuhkan selamanya, berendam selama beberapa menit bisa mengurangi rasa nyeri.

Efek relaksasi dari mandi air hangat bukan mitos belaka. Tidak hanya itu, mandi air hangat juga berkhasiat mengendurkan otot, meredakan stres, dan mengatasi insomnia. Anda dapat sesekali mandi air hangat di malam hari, saat tubuh terasa terlalu lelah. Lakukan sebentar saja, karena mandi air hangat yang terlampau lama dapat merusak kulit.

[BA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar