Sukses

Kiat Bantu Teman Lewati Masa Sulit

Jangan biarkan teman tenggelam dalam ‘kegelapan’. Bantu ia melewati masa sulit dalam hidupnya dengan cara ini.

Klikdokter.com, Jakarta Hidup manusia tidak terlepas dari masalah. Hampir setiap orang pernah mengalami masa sulit di dalam hidupnya. Karena itu, jika teman Anda sedang berada di posisi ini, maka saatnya Anda bertindak untuk membantunya melewati itu semua.

Mengutip psychologytoday, agar tidak ‘salah langkah’ dalam membantu teman melewati masa sulit dalam hidupnya, ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

1. Posisikan diri Anda sebagai pendukung

Kesedihan adalah pengalaman yang sangat pribadi, dan sepenuhnya milik orang yang mengalaminya. Tempatkan diri Anda sebagai pendukung, bukan sebagai orang yang mampu menyelesaikan masalah tersebut.

2. Selalu hadir di setiap masalah

Tetaplah bersama teman Anda untuk membicarakan hal-hal baik di masa depan. Jangan terlalu sering membahas masa lalu, karena hal ini cenderung menyakitkan perasaannya.

Tetaplah bersamanya, meski perasaan sedih tak kunjung hilang. Berikanlah beberapa nasihat positif yang mengungkapkan bahwa semua masalah akan membaik di masa depan.

3. Hindari berjanji

Anda adalah manusia biasa. Terkadang, ucapan yang Anda jadikan sebagai janji belum tentu akan terwujud. Karena itu, berjanjilah pada diri sendiri untuk tidak mengumbar janji, khususnya pada mereka yang sedang dilanda kesedihan mendalam. Sebagai gantinya, Anda dapat mencoba selalu ada di saat dibutuhkan.

4. Jangan terlalu terbawa perasaan

Berada bersama seseorang yang sedang dalam masa sulit bukanlah perkara mudah. Anda akan memiliki banyak tekanan, pertanyaan, kemarahan, ketakutan, dan rasa bersalah. Karena hal ini, perasaan Anda juga rawan untuk ikut terluka. Cobalah untuk tidak memasukan urusan teman Anda terlalu jauh ke dalam perasaan pribadi Anda.

5. Respons dengan cepat

Jangan katakan ‘Hubungi aku jika Kamu perlu bantuan,’ karena teman Anda pasti tidak akan melakukannya. Sebagai alternatifnya, cobalah untuk menawarkan sesuatu yang lebih nyata. Misalnya dengan mengunjungi teman beberapa waktu sekali.

6. Tunjukkan cinta

Hal terpenting untuk membantu teman yang sedang dalam masa sulit adalah menunjukkan rasa cinta. ‘Berdirilah’ di sampingnya, dan tunjukan bahwa Anda tidak akan berpaling darinya. Dengan cinta, bantuan akan berlangsung terus-menerus tanpa henti.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk membantu membebaskan teman dari masa sulit yang dihadapinya. Ingatlah untuk selalu mengondisikan pikiran maupun hati lebih tenang dan positif, agar pikiran Anda lebih terbuka untuk membantu ‘merangkul’ teman melewati masa sulit dalam hidupnya.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar