Sukses

Lakukan Ini untuk Lawan Ancaman Depresi

Depresi diprediksi akan menjadi masalah kesehatan nomor 2 pada tahun 2020. Yuk, lawan ancaman depresi dari sekarang!

Klikdokter.com, Jakarta Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat sebanyak 35 juta penduduk dunia mengalami depresi pada tahun 2016. Angka tersebut diperkirakan akan terus merangkak naik, pasalnya WHO memprediksi pada tahun 2020, depresi akan menjadi masalah kesehatan nomor 2 di dunia.

Depresi merupakan suatu jenis gangguan mental yang saat ini semakin banyak ditemui bahkan sejak usia muda. Gejala utama depresi cenderung murung sepanjang waktu, mudah lelah, dan kehilangan minat untuk melakukan hal yang disukai sebelumnya.

Depresi menyebabkan pengurangan atau penurunan keadaan emosi dan mood seorang individu, yang mengakibatkan gangguan di dalam aktivitasnya sehari-hari. Faktor penyebab dapat dibagi menjadi faktor biologis, keturunan dan psikososial.

Gejala depresi pada umumnya sama dan terjadi pada pria dan wanita. Hanya saja, terdapat perbedaan dalam mengolah dan menunjukkan gejala depresi.

Biasanya, gejala depresi pada wanita cenderung lebih ekspresif dan mudah bercerita tentang perasaannya. Sementara pria cenderung berusaha menyembunyikan perasaannya.

Gejala depresi biasanya membutuhkan waktu untuk bisa dikenali yaitu gejala yang sama dan terus muncul selama dua minggu atau lebih. Beberapa gejala lain yang sering muncul sebagai penanda depresi yakni penurunan berat badan yang signifikan meski tidak melakukan diet, insomnia, dan selalu merasa kelelahan serta kehilangan energi sepanjang hari.

Langkah sederhana lawan depresi

Salah satu kunci yang harus Anda pegang untuk menghindari depresi yakni selalu beri penghargaan pada diri Anda. Dengan selalu percaya diri dengan apa yang Anda kerjakan seorang diri dapat menimbulkan rasa optimis untuk bisa menjalankan hidup dengan segala aktivitas.

Selain itu, hindari melakukan aktivitas yang dapat menyebabkan stres. Sebab, stres yang dibiarkan dan dibiasakan akan berujung menjadi depresi dan penyakit mental lainnya.

Berikut ini adalah hal lain yang dapat Anda lakukan untuk menghindari depresi:

- Jangan memaksakan diri untuk melakukan sesuatu yang berat dan memicu stres.

- Jaga pola makan bergizi dan teratur. Selain itu, rutinlah melakukan olahraga setiap hari.

- Istirahat cukup, terutama saat tubuh mulai merasa lelah.

- Selalu berpikir positif dan perbanyaklah bergaul serta bertukar pikiran dengan lingkungan sekitar. Bersosialisasilah.

- Lakukan hobi, atau kegiatan yang menyenangkan secara rutin. Hal ini berguna untuk merangsang otak dan tubuh lebih rileks, sehingga dapat mengontrol stres.

- Carilah teman dan berceritalah. Saat depresi, Anda pasti akan merasa sendirian dan benar-benar tak berharga. Untuk itu, carilah teman atau bergabung dengan komunitas dan biarkan masalah Anda menguap sejenak.

Nyatanya depresi dan penyakit mental lainnya dapat berdampak bagi kehidupan sosial Anda. Untuk melawan depresi mulai dari sekarang kontrol emosi dan stres Anda, ya.

[DA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar