Sukses

Mengenal Jenis-jenis Air Minum Kemasan

Tahukah Anda bahwa tidak setiap air minum kemasan memiliki jenis yang sama? Cari tahu perbedaannya di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Air minum kemasan merupakan pilihan praktis untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh di mana pun berada. Meski tersedia dalam kemasan yang tergolong mirip, tidak jarang air minum kemasan memiliki rasa yang berbeda satu sama lainnya.

Hal itu dipengaruhi oleh perbedaan sumber dan proses pengolahan air sebelum akhirnya dimasukkan ke dalam kemasan. Perbedaan tersebut memengaruhi rasa dan kandungan dari air minum kemasan yang Anda beli.

Berdasarkan U.S Food And Drug Administration (FDA), air minum kemasan dibedakan menjadi beberapa kelompok, yaitu:

  • Spring Water

Spring water adalah air yang berasal dari formasi bawah tanah, dimana air mengalir secara alami ke permukaan bumi. Untuk dikelompokan sebagai spring water, air harus didapatkan saat musim semi.

Spring water dianggap air yang paling murni, bebas dari berbagai macam zat kimia maupun unsur berbahaya. Air jenis ini diperkaya oleh kandungan mineral dari bebatuan yang dilalui aliran air, yang bermanfaat baik untuk kesehatan tubuh.

  • Purified Water

Air minum kemasan jenis ini telah melalui beberapa proses, seperti distilasi, deionisasi atau metode penyaringan osmosis terbalik. Proses tersebut menghilangkan bakteri dan bahan yang terlarut di dalam air, sehingga air menjadi murni. Biasanya, air minum jenis ini diberi label “air minum yang dimurnikan”, “air minum osmosis terbalik” atau “air minum terdistilasi”.

  • Mineral Water

Air mineral adalah air yang memiliki kandungan mineral, baik itu secara alami maupun buatan. Air jenis ini juga mengandung mineral dan zat kimia yang didapat dari bebatuan saat proses air mengalir secara alami.

  • Sparkling Water

Air minum kemasan jenis ini ini mengandung karbon dioksida, yang membuatnya menjadi bersoda (berkarbonasi) tanpa adanya kalori. Sparkling water biasanya diberi label “sparkling drinking water”, “sparkling mineral water” atau “sparkling spring water”.

  • Artesian Water/Artesian Well Water

Ini adalah air yang berasal dari bawah lapisan bebatuan dalam tanah. Jenis air ini biasanya dialirkan melalui sumur bor.

  • Well Water

Air jenis ini jelas berasal dari lubang yang dibuat dengan sengaja di dalam tanah.

  • Municipal/Tap Water

Air minum kemasan jenis ini berasal dari keran di rumah atau kantor. Municipal atau tap water hanya ada di beberapa negara di dunia. Indonesia tidak termasuk salah satunya.

Itulah beberapa jenis air minum kemasan yang wajib Anda ketahui. Hal yang penting dalam memilih air minum kemasan adalah memastikan adanya label izin dari BPOM, dan memperhatikan kandungan yang ada di dalam air tersebut.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar