Sukses

Banyak Pikiran Dapat Menyebabkan Nyeri pada Otot, Benarkah?

Keluhan nyeri otot dapat disebabkan oleh banyak hal. Salah satunya adalah karena stres atau banyak pikiran.

Stres akibat banyak pikiran dapat terjadi karena berbagai faktor. Mulai dari masalah rumah tangga, pekerjaan, finansial, hingga hal yang sederhana seperti kemacetan di jalan.

Stres bisa dialami oleh siapa saja, kapan pun, dan di mana pun. Banyak pikiran dan stres berlebih dapat berdampak tak hanya pada kesehatan mental Anda, tetapi juga pada fisik. Akibat banyak pikiran ini ternyata dapat menjadi salah satu penyebab nyeri otot.

 

1 dari 3 halaman

Mengapa Stres Bisa Sebabkan Nyeri Otot?

Ketika seseorang mengalami stres dan banyak pikiran, bisa terjadi gangguan perilaku, emosi, kemampuan berpikir, dan kesehatan fisik pada dirinya. Gejala emosional yang muncul dapat meliputi moody, mudah tersinggung, mudah frustasi, tidak percaya diri, merasa tidak berharga, hingga depresi.

Sementara gejala fisik yang timbul dapat berupa nyeri kepala, gangguan saluran cerna (diare, susah BAB, dan muntah), insomnia, nyeri dada, hingga berkurangnya hasrat seksual. Selain itu, seseorang yang sedang stres juga dapat mengalami keluhan nyeri otot.

Artikel Lainnya: Catat, Kebiasaan Sehari-hari yang Memicu Nyeri Otot

Reaksi tubuh terhadap stres salah satunya adalah otot menjadi tegang. Oleh karena itu, banyak orang yang mengeluh mengalami nyeri kepala atau otot bahu dan leher yang terasa tegang saat sedang banyak pikiran.

Otot yang tegang akibat stres dapat memicu timbulnya berbagai penyakit. Contohnya, tension headache, migrain, hingga nyeri otot pada punggung bawah dan tungkai.

Ketika seseorang sedang stres atau banyak pikiran, tubuh akan menangkapnya sebagai sinyal “bahaya”. Tubuh pun akan mengeluarkan hormon stres yang dapat menyebabkan munculnya gejala fisik, psikis, dan emosional.

Reaksi fight or flight yang dilakukan oleh tubuh akan menyebabkan terjadinya kontraksi otot dan menimbulkan rasa nyeri. Karena itu, penyebab nyeri otot dapat dipicu oleh stres.

Artikel Lainnya: 6 Efek Stres pada Kesehatan yang Harus Diwaspadai

Menurut penelitian yang dipublikasikan di jurnal General Hospital Psychiatry, 60 persen pasien yang mengalami nyeri otot juga mengalami gangguan psikis seperti gangguan cemas, stres, dan gangguan panik.

Nyeri otot karena stres dapat menyerupai nyeri otot akibat penyakit lain:

  • Nyeri berlangsung terus-menerus.
  • Sebagian orang merasakan nyeri yang sangat hebat hingga mengganggu aktivitas sehari-hari.
  • Nyeri otot dapat dirasakan di seluruh area tubuh.
  • Gejala yang dialami dapat berupa kram otot, kaku pada otot, dan berkedut.
  • Terkadang nyeri otot yang dialami begitu hebat sehingga membutuhkan obat pereda nyeri.
2 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Nyeri Otot Akibat Banyak Pikiran

Gejala nyeri otot dapat berlangsung beberapa menit hingga beberapa jam. Parahnya, kondisi ini dapat berlangsung secara terus-menerus dan tidak menghilang dengan beristirahat. Beberapa cara berikut dapat Anda lakukan untuk meredakan nyeri otot akibat banyak pikiran:

  • Relaksasi

Lakukan relaksasi agar terhindar dari nyeri otot karena stres. Tenangkan pikiran Anda, tarik napas yang dalam dan lakukan relaksasi.

Artikel Lainnya: Cara Mengatasi Nyeri Otot di Leher

  • Pijat

Pijat dapat membantu meredakan nyeri otot. Selain itu, pijat juga bisa membuat Anda lebih rileks dan terhindar dari stres.

  • Lakukan Peregangan Otot

Peregangan otot dapat membuat otot menjadi rileks sekaligus mengurangi ketegangan otot.

  • Berendam di Air Hangat

Berendam di air hangat dapat membantu melemaskan otot Anda. Namun, pastikan air yang digunakan untuk berendam tidak terlalu panas karena dapat memperburuk gejala nyeri otot Anda.

  • Lakukan Olahraga Ringan

Beberapa gerakan olahraga ringan dapat mengurangi ketegangan otot Anda. Hindari olahraga dengan intensitas tinggi karena dapat memperburuk gejala yang Anda alami.

  • Istirahat yang Cukup

Cara mengatasi nyeri otot akibat stres yang juga ampuh adalah istirahat dengan cukup. Tidur dapat memberikan waktu bagi tubuh untuk pulih sekaligus meredakan kekakuan serta nyeri otot.

Banyak pikiran memang dapat menjadi penyebab nyeri otot. Namun, tidak semua nyeri otot dipicu oleh stres yang Anda alami. Untuk itu, jika gejala nyeri otot tidak kunjung mereda dengan cara-cara di atas, sebaiknya konsultasikan dengan dokter.

Anda juga dapat berkonsultasi seputar penyebab nyeri otot atau masalah kesehatan lainnya dengan dokter kami melalui fitur Live Chat di KlikDokter.

[WA/ RS]

0 Komentar

Belum ada komentar