Kesehatan Umum

Jaga Kesehatan Otak dengan Cukup Tidur

dr. Dyah Novita Anggraini, 05 Okt 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Ingin menjaga kesehatan otak? Yang harus Anda lakukan adalah cukup tidur!

Jaga Kesehatan Otak dengan Cukup Tidur

Mencukupi jam tidur sehari-hari tidak hanya wajib bagi anak-anak, tapi juga bagi orang dewasa. Karena menurut National Sleep Foundation, cukup tidur di malam hari pada orang berusia 18-64 tahun dapat membantu menjaga kesehatan otak.

Apa saja manfaatnya?

1. Meningkatkan daya ingat

Cukup tidur membuat hubungan antar sel otak dalam memindahkan informasi menjadi lebih optimal. Hal ini dapat meningkatkan daya ingat Anda.

2. Mengurangi risiko Alzheimer

Alzheimer adalah suatu kelainan yang ditandai dengan penurunan daya ingat, kemampuan bicara dan berpikir. Di dalam otak, terdapat suatu sistem bernama glymphatic. Sistem ini bekerja lebih aktif saat tidur, untuk membuang racun-racun yang ada di dalam otak. Selain dapat membuat otak bekerja lebih cepat dan akurat, proses tersebut juga turut menurunkan risiko penyakit Alzheimer.

3. Membuat otak lebih kreatif

Peranan fase tidur bermimpi (Rapid Eye Movement) membuat otak bekerja lebih kreatif.

Jika cukup tidur dapat memberikan manfaat di atas, maka jumlah jam tidur yang kurang bisa memberikan dampak sebaliknya. Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Pennsylvania, jam tidur yang tidak tercukupi dapat memicu kerusakan saraf otak, menurunkan kecerdasan dan daya tangkap, serta memperkecil volume otak.

Atas alasan tersebut, para ahli menyarankan Anda untuk cukup tidur di malam hari, yakni selama 7-8 jam. Dengan demikian, kesehatan otak Anda dapat terus terjaga.

[NB/ RVS]

Kesehatan otaktidurCukup Tidur

Konsultasi Dokter Terkait