Sukses

Sereh, Bahan Alami untuk Mengusir Serangga

Serangga penyebab penyakit berkeliaran di rumah Anda? Yuk coba gunakan sereh sebagai bahan alami untuk mengusir serangga.

Rumah yang bersih berperan penting dalam menjaga kesehatan penghuninya. Sebaliknya, rumah yang kotor bisa menjadi sarang kuman dan serangga penyebab penyakit. 

Misalnya saja, kecoa, lalat dan nyamuk bisa dengan mudah berkembang biak di rumah yang kotor. Ketiganya bisa membawa berbagai penyakit, seperti kolera, demam berdarah, diare, dan demam tifoid.

Agar terhindar dari penyakit, Anda dapat menggunakan sereh atau serai sebagai bahan alami pengusir serangga. Selain baik untuk kesehatan tubuh, manfaat sereh sebagai pembasmi serangga juga sudah terbukti khasiatnya.

1 dari 3 halaman

Bagaimana Sereh Dapat Mengusir Serangga?

Sereh adalah tanaman yang sudah tidak asing bagi masyarakat Indonesia. Sereh sering digunakan sebagai bahan di dalam makanan, minuman, dan juga obat herbal. 

Beberapa dari Anda pasti tahu, kan, kalau serai memiliki bau yang khas? Nah, bau tersebut berasal dari bahan aktif di dalam kandungan sereh, yaitu citronella. Bau citronella memang disukai oleh manusia, tapi sangat dibenci oleh serangga.

Perlu diketahui, nyamuk mengincar mangsanya dengan cara mengandalkan daya cium dan panas tubuh calon korbannya. Misalnya saja, nyamuk mencium aroma manusia lewat napas yang mengandung karbon dioksida dan keringat yang berbau asam laktat.

Sebagai bahan alami pengusir serangga, serai bekerja dengan menghalangi penciuman serangga menggunakan bau citronella-nya. Alhasil, nyamuk tidak bisa menemukan aroma tubuh dan menggigit Anda.

Tidak hanya itu, salah satu penelitian mengatakan, kombinasi minyak esensial serai dan minyak zaitun juga dapat melindungi tubuh sebanyak 98 persen dari gigitan nyamuk. 

Artikel Lainnya: 5 Gigitan Serangga Ini Sangat Berbahaya, Serangga Apa Saja?

2 dari 3 halaman

Cara Mengusir Serangga dengan Sereh

Berikut beberapa cara menggunakan serai untuk mengusir serangga di rumah:

  1. Mengoleskan Minyak Sereh ke Kulit

Kini sudah banyak minyak sereh yang bisa langsung digunakan ke tubuh. Jadi, Anda tinggal mengoleskan minyak tersebut ke beberapa bagian tubuh untuk menghindari gigitan serangga.

Sebelum menggunakan langsung ke kulit, coba teteskan sedikit minyak serai ke tangan untuk menguji kemungkinan alergi. Hindari penggunaan minyak esensial sereh jika timbul reaksi alergi, seperti gatal, timbul bentol, kemerahan, bengkak, dan sebagainya.

  1. Menggunakan Lilin Aromaterapi Berbahan Sereh

Selain minyak esensial, lilin aromaterapi berbahan serai dapat Anda gunakan sebagai bahan alami pengusir serangga.  Cara menggunakanya mudah,  Anda hanya perlu nyalakan lilin tersebut di dalam ruangan Anda dan tunggu beberapa saat hingga serangga atau nyamuk pergi.

Tidak harus selalu beli, Anda dapat berkreasi membuat lilin aromaterapi berbahan serai di rumah. Caranya, siapkan bahan dasar lilin, lalu tuang beberapa tetes minyak sereh ke dalamnya. Tunggu sampai mengeras dan lilin siap digunakan.

Artikel Lainnya: Kuping Kemasukan Serangga, Keluarkan dengan Cara Ini

  1. Tuang Minyak Sereh ke Dalam Diffuser

Penggunaan alat diffuser saat ini sedang populer. Bagi Anda yang memiliki diffuser di rumah, coba manfaatkan untuk membasmi serangga. 

Caranya, tuang tiga sampai lima tetes minyak serai ke dalam diffuser yang sudah diisi air. Setelah itu, coba nyalakan alat diffuser, aroma citronella-nya dapat langsung menyebar ke seluruh ruangan untuk membasmi serangga.

  1. Campur dengan Minyak Esensial Lain

Berdasarkan hasil penelitian yang sempat dijelaskan di atas, Anda dapat menggabungkan minyak sereh dengan minyak esensial lain untuk membasmi serangga.

Salah satu campuran bahan yang dapat dikombinasi dengan minyak sereh adalah minyak zaitun atau minyak rosemary. Ketika bahan alami tersebut dicampurkan, Anda bisa terlindungi lebih lama dari gigitan nyamuk.

Jadi, Anda sudah tahu, kan, sereh punya manfaat sebagai bahan alami pengusir serangga? Serai juga dapat digunakan sebagai pengganti bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh. 

Selain menggunakan bahan alami, pastikan juga untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan. Disarankan untuk menyimpan makanan dengan benar, hindari sampah jangan sampai menumpuk, jangan biarkan ada air tergenang,  dan terus jaga kebersihan lantai. 

Dengan begitu, rumah tidak menjadi sarang serangga dan Anda pun bisa terhindar dari berbagai penyakit. Apabila masih ada yang ingin ditanyakan lebih lanjut, gunakan fitur Live Chat dengan dokter di aplikasi aplikasi Klikdokter, ya. 

(OVI/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar