Sukses

Sereh, Bahan Alami untuk Mengusir Serangga

Ada banyak serangga penyebab penyakit di rumah Anda? Jangan panik, gunakan bahan alami seperti sereh untuk usir serangga.

Klikdokter.com, Jakarta Rumah yang bersih berperan penting dalam menjaga kesehatan penghuninya. Sebaliknya, rumah yang kotor, bisa menjadi sarang kuman dan serangga penyebab penyakit. Salah satu solusi alami untuk mengusir serangga adalah dengan meggunakan sereh.

Ketika rumah tidak terjaga kebersihannya, serangga penyebab penyakit – seperti kecoak, lalat dan nyamuk – bisa dengan mudah berkembang biak. Ketiganya bisa membawa beragam penyakit seperti kolera, demam berdarah, diare dan demam tifoid.

Menurut dokter Kartika Mayasari, sereh merupakan tanaman yang banyak menyimpan manfaat, salah satunya mampu mengusir serangga secara alami serta mampu melawan bakteri dan jamur

“Sereh mengandung bahan aktif yang disebut citronella. Citronella menyebabkan sereh mempunyai bau yang khas, yang disukai oleh manusia tapi tidak disukai oleh serangga,” katanya kepada Klikdokter, Rabu (4/10/2017).

Sitronelol dan geraniol merupakan bahan aktif dalam sereh yang tidak disukai dan sangat dihindari serangga. Hal ini yang pada akhirnya sangat efektif untuk mengusir serangga.

“Contohnya adalah nyamuk yang mengincar mangsanya mengandalkan daya cium dan panas tubuh calon korbannya. Zat citronella yang ada pada aroma sereh ini sangat dibenci nyamuk, maka menghadirkan aroma ini akan menghalau nyamuk dan serangga lainnya. Bahan alami sereh ini sudah sering dipakai sebagai pengusir serangga dan memiliki kelebihan dibanding penggunaan pengusir nyamuk lainnya,” ungkapnya.

Tak hanya itu, alternatif lain yang dapat dilakukan untuk mengusir serangga yakni pastikan Anda menyimpan makanan dengan benar, hindari sampah yang menumpuk dan terus menjaga kebersihan lantai. Menjaga kebersihan rumah akan membuat penghuninya terhindar dari berbagai penyakit.

Oleh karena itu, selalu luangkan waktu untuk menjaga kebersihan rumah dan lingkungan tempat tinggal Anda, agar terhindar dari penyakit, kuman dan serangga. Memanfaatkan sereh sebagai bahan alami untuk usir serangga, bisa menjadi salah satu solusi.

[DA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar