Sukses

Mual Setelah Konsumsi Minuman Isotonik, Apa yang Salah?

Kerap mual setelah mengonsumsi minuman isotonik? Mungkin ini penyebabnya.

Klikdokter.com, Jakarta Minuman isotonik merupakan ‘pelarian’ utama di saat tubuh kekurangan cairan. Namun tak jarang, minuman ini justru menimbulkan keluhan mual setelah mengonsumsinya. Apa yang salah?Minuman isotonik adalah jenis minuman yang memiliki kepekatan mirip dengan tubuh manusia, sehingga dapat mengembalikan cairan tubuh dengan cepat.

Minuman ini mengandung karbohidrat, gula, elektrolit dan mineral lainnya seperti natrium, kalium, klorida, kalsium, magnesium dan sebagainya. Lantas, mengapa mual setelah mengonsumsi minuman isotonik? Perlu diketahui, mual merupakan salah satu gejala dari ketidakseimbangan kadar cairan di dalam tubuh.Kadar natrium yang terlalu sedikit (hiponatremia) dapat menyebabkan mual.

Begitu pula dengan terlalu banyak kalium (hiperkalemia), kalsium (hiperkalsemia) dan magnesium (hipermagnesemia).Dengan kata lain, jika Anda mengonsumsi minuman isotonik dalam jumlah berlebihan, keluhan mual mungkin saja terjadi. Karena seperti yang dijelaskan di atas, salah satu penyebab mual adalah ketidakseimbangan kadar cairan di dalam tubuh.

Namun di satu sisi, mual juga bisa terjadi akibat dehidrasi yang tidak segera diatasi. Jadi, jika Anda melakukan aktivitas berat dan tidak cukup minum, kemudian Anda mengonsumsi minuman isotonik begitu saja, bisa jadi mual tersebut adalah akibat dari kekurangan cairan yang dibiarkan.

Bukan dari minuman isotonik yang Anda konsumsi.Oleh karena itu, jika aktivitas Anda tidak terlalu berat atau berkeringat, sebaiknya jangan buru-buru mengonsumsi minuman isotonik. Minum air putih biasa sudah cukup. Dengan demikian, Anda akan terhindar dari mual atau efek samping lainnya.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar