Sukses

3 Cara Memilih Tabir Surya yang Tepat

Memilih tabir surya yang tepat bukan hanya soal kadar SPF yang tinggi atau harga yang mahal.

Klikdokter.com, Jakarta Meskipun baik untuk kesehatan tubuh, sinar matahari juga memiliki sisi gelap yang dapat mebahayakan Anda. Salah satunya adalah serangan kanker kulit akibat ekspos sinar ultraviolet berlebih. Itulah sebabnya tabir surya diperlukan untuk melindungi kulit.

Masalahnya, saat ini ada banyak tabir surya yang tersedia di pasaran. Tak jarang, pilihan yang terlalu banyak membuat masyrakat menjadi bingung untuk menentukan pilihan. Tabir surya dengan kadar SPF yang tinggi dan berharga mahal tak selalu bisa dijadikan jaminan kualitas tabir surya yang baik.

Jadi, apa yang harus diperhatikan saat akan membeli tabir surya? Berikut ini cara memilih tabir surya yang tepat:

1. Pilih tabir surya spektrum luas

Pada umumnya, orang hanya melihat tabir surya dari angka SPF saja. Padahal SPF hanya melindungi kulit terhadap satu jenis sinar ultraviolet penyebab kanker, yaitu UVB.

Riset membuktikan bahwa sinar UVA juga meningkatkan risiko penyakit kanker. Meski UVA tidak menyebabkan sunburn (kulit terbakar sinar matahari), sinar tersebut menembus ke dalam kulit dan menyebabkan keriput. Jadi, penting untuk memilih tabir surya yang melindungi kulit, baik dari sinar UVA dan UVB.

2. Minimal SPF 30

Angka SPF menunjukkan seberapa efektif tabir surya tersebut mencegah sunburn. Contohnya: jika kulit Anda dapat terbakar dalam 10 menit, SPF 15 dapat melindungi Anda selama 150 menit.

Tingginya angka SPF menunjukkan proteksi yang lebih, namun semakin rendah perbedaannya. Anda bingung? Agar lebih mudah, Anda dapat mengingat angka-angka berikut:

    • SPF 15 menangkal 93% sinar UVB

    • SPF 30 dapat menangkal 97%

    • SPF 50 sebanyak 98%

SPF 15 hanya melindungi kulit dari terbakar tanpa mampu mencegah penuaan dini dan kanker kulit. Karena itu, sebaiknya Anda memilih tabir surya dengan minimal SPF 30 atau lebih tinggi. Hal ini semakin penting jika Anda memiliki kulit berwarna putih atau pucat.

3. Tahan air

Anda berencana untuk berenang atau berolahraga? Sebaiknya pilihlah tabir surya yang tahan air (water resistance). Tapi ingat, water resistance tak berarti water proof. Sebab tidak ada tabir surya yang benar-benar sepenuhnya tahan air (water proof).

Biasanya tabir surya water resistance tahan 40–80 menit di dalam air. Sehingga, Anda tetap perlu untuk mengaplikasikan tabir surya kembali minimal setiap dua jam sekali.

Ingat, jangan sembarangan memilih tabir surya jika Anda ingin mendapatkan perlindungan yang maksimal. Namun, untuk mendapatkan kulit yang cerah dan sehat, penggunaan tabir surya saja tidak cukup. Sebaiknya Anda juga menggunakan produk perawatan kulit yang bisa memaksimalkan usaha Anda.

Produk perawaran kulit lainnya yang bisa Anda gunakan adalah produk body serum. Seperti rangkaian body serum dari NIVEA yang bekerja untuk mencerahkan kulit sekaligus melindunginya dari ekspos sinar ultraviolet.

Rangkaian body serum dari NIVEA ini tersedia dalan tiga varian, yaitu NIVEA Instant White Firming Body Serum SPF 33, NIVEA Extra White Firming Body Serum SPF 33, dan NIVEA Anti-Age White Firming Body Serum SPF 33.

Kandungan 95% vitamin C & SPF yang terdapat dalam produk body serum dari NIVEA ini bekerja untuk melindungi secara optimal dari tanda penuaan dini dan kusam akibat efek negatif sinar matahari.

Selain itu, produk ini juga diformulasi dengan sangat ringan, sehingga tidak terasa lengket di kulit dan mudah meresap. Kulit pun sehat dan cerah lebih lama dalam 14* hari bila digunakan secara rutin.

Ingat, pilihlah produk perawatan kulit –khususnya tabir surya yang tepat untuk melindungi kulit secara maksimal. Setelah tahu kiat memilihnya, kini Anda tak perlu takut lagi untuk berhadapan dengan sinar ultraviolet. Siap melanjutkan aktivitas siang ini?

(DA/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar