Sukses

3 Masalah Perut Ini Bisa Jadi Tanda Gangguan Pencernaan

Terjadinya gangguan pencernaan dapat menimbulkan berbagai macam gejala. Kenali gejalanya di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Gejala yang timbul akibat gangguan pencernaan bisa menandakan adanya penyakit serius maupun penyakit yang tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Sekitar 4 dari 10 orang mengaku pernah mengalami gejala yang berkaitan dengan gangguan pencernaan.

Lalu, gejala apa sajakah yang dapat timbul?

  1. Nyeri

    Nyeri perut merupakan keluhan yang sangat umum dirasakan. Nyeri ini dapat disebabkan berbagai gangguan pencernaan, seperti nyeri haid (dismenore), peradangan usus buntu (apendisitis), batu ginjal, batu empedu, sindrom dispepsia, dan
    sebagainya.

    Sebaiknya Anda peka dan cermat dengan tanda bahaya yang mungkin menyertai nyeri perut, seperti nyeri yang datang tiba-tiba atau sangat hebat, keluhan muntah, BAB darah atau cairan kehitaman, tidak bisa BAB/ BAK/ kentut, timbul nyeri dada, disertai sesak nafas, disertai pingsan. Jika terdapat tanda seperti ini, segeralah mencari pertolongan di UGD terdekat.

  2. Perubahan BAB

    Perubahan frekuensi buang air besar (BAB) dapat lebih sering seperti pada diare atau lebih jarang seperti pada konstipasi. Konstipasi umumnya ditandai dengan kotoran yang keras dan sulit dikeluarkan.

    Perlu diingat tidak BAB setiap hari bukan merupakan tanda konstipasi. Kebiasaan BAB setiap orang dapat berbeda. Buang air besar yang terjadi 3 kali per hari hingga 3 kali per minggu bisa saja normal. Konstipasi umumnya mudah diatasi dengan makan makanan tinggi serat dan minum banyak cairan.

    Diare adalah perubahan konsistensi kotoran menjadi lunak atau berair dengan frekuensi BAB yang lebih sering. Diare dapat disebabkan infeksi virus/ bakteri/ parasit, alergi makanan, obat-obatan, penyakit seperti Inflamatory Bowel Syndrome (IBS), dan sebagainya. Diare menyebabkan tubuh kehilangan banyak cairan sehingga rentan dehidrasi. Biasakan banyak minum jika anda sedang mengalami diare.

  3. Rasa panas pada ulu hati atau dada

    Keluhan ini sering dikaitkan dengan penyakit GERD (Gastro-Esophageal Reflux Disease). Keluhan lain yang mungkin dialami adalah rasa asam pada mulut, produksi liur yang bertambah, bahkan naiknya makanan atau cairan kembali ke dalam mulut. Selain menyakitkan, GERD bahkan bisa menimbulkan kanker esophagus.

Demikianlah beberapa contoh keluhan pada perut yang bisa menandakan gangguan pada saluran pencernaan. Jika mengalami keluhan yang tidak kunjung membaik, disarankan Anda segera berkonsultasi ke dokter.

[DA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar