Sukses

Cegah Disfungsi Ereksi dengan Olahraga Ini

Disfungsi ereksi dapat mengganggu kehidupan seksual Anda. Cegah terjadinya kondisi tersebut dengan melakukan olahraga berikut ini.

Klikdokter.com, Jakarta Disfungsi ereksi adalah ketidakmampuan untuk ereksi atau mempertahankan ereksi agar mencapai kepuasan seksual. Sekitar 10 persen pria sehat mengalami disfungsi ereksi, dan jumlahnya meningkat pada pria yang memiliki penyakit lain seperti hipertensi atau diabetes.

Disfungsi ereksi dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari yang sederhana seperti stres, atau yang lebih kompleks seperti gangguan pembuluh darah. Beberapa penelitian lain juga membuktikan bahwa disfungsi ereksi berkaitan dengan kesehatan jantung. Hal ini wajar, karena mekanisme ereksi pada penis melibatkan sistem pembuluh darah yang cukup rumit.

Pencegahan atau perbaikan disfungsi ereksi dapat dilakukan dengan mengubah gaya hidup Anda menjadi lebih sehat, misalnya dengan berolahraga. Bahkan sebuah penelitian tahun 2015 menemukan bahwa olahraga dapat membantu mencegah dan memperbaiki disfungsi ereksi.

Namun sayang, tidak semua olahraga dapat membantu mengatasi disfungsi ereksi. Sama seperti anjuran kepada penderita sakit jantung, olahraga aerobik juga menjadi salah satu olahraga yang dianjurkan untuk penderita disfungsi ereksi.

Selain itu, sebuah penelitian membuktikan bahwa latihan aerobik dapat meringankan kondisi disfungsi ereksi pada penderita obesitas. Obesitas merupakan kondisi stres jaringan kronis dan berkaitan erat dengan pembentukan radikal bebas yang tidak baik untuk tubuh.

Latihan aerobik secara rutin dapat memperbaiki fungsi sel, sekaligus membantu menurunkan berat badan. Latihan aerobik yang dimaksud antara lain yaitu joging, bersepeda, dan berenang.

Selain latihan aerobik, melatih otot dasar panggul juga baik untuk penderita disfungsi ereksi. Melatih otot dasar panggul membutuhkan gerakan khusus, karena fokus pada otot-otot yang terletak di bagian dalam yang jarang terlatih dengan gerakan olahraga biasa.

Cara untuk mengidentifikasi otot ini adalah dengan mencoba menghentikan aliran urine saat buang air kecil. Otot yang berkontraksi saat menahan aliran urine itulah yang merupakan otot dasar panggul.

Salah satu latihan otot dasar panggul yang cukup banyak dikenal adalah senam Kegel. Berikut cara melakukan senam Kegel dengan mudah di rumah.

  • Buang air kecil sebelum memulai latihan, lalu ambil posisi berbaring.
  • Kencangkan otot-otot dasar panggul Anda, tahan kontraksi selama tiga detik, kemudian relaksasi selama tiga detik.
  • Ulangi beberapa kali. Ketika otot-otot Anda sudah semakin kuat, lakukan senam Kegel ini sewaktu duduk, berdiri, atau berjalan.
  • Hindari mengontraksikan otot perut, dan bernapaslah seperti biasa.

Selain berolahraga, Anda juga dapat menjaga kesehatan dan fungsi ereksi penis tetap baik dengan menjalani pola makan dan hidup sehat. Jauhi rokok dan minuman beralkohol. Di samping itu, konsumsilah makanan yang sehat dan alami untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh Anda.

Jika disfungsi ereksi memburuk atau sangat mengganggu aktivitas seksual Anda, jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter spesialis andrologi untuk mendapatkan penanganan yang sesuai.

[BA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar