Sukses

Inilah Fungsi Protein yang Perlu Anda Tahu

Protein adalah salah satu senyawa organik yang memiliki fungsi cukup banyak untuk tubuh. Berikut ini penjelasannya.

Klikdokter.com, Jakarta Memastikan kecukupan asupan protein setiap hari adalah sesuatu yang wajib dilakukan. Sebab, protein sangat dibutuhkan oleh setiap bagian tubuh untuk berkembang, bertumbuh, dan berfungsi dengan baik.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dan fungsi protein bagi tubuh.

  1. Sumber energi

    Protein berfungsi sebagai sumber energi jika keperluan energi tidak dapat dipenuhi oleh karbohidrat dan lemak. Selain itu protein juga berperan dalam pembentukan dan perbaikan sel dan jaringan, serta untuk membantu proses penyembuhan luka.

  2. Menjaga kesehatan organ tubuh

    Rambut, kulit, mata, dan semua organ lainnya terbentuk dari protein. Ini sebabnya mengapa anak-anak membutuhkan lebih banyak protein dibandingkan orang dewasa. Anak-anak tumbuh dan mengembangkan jaringan protein baru dalam tubuhnya. Mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan protein juga dapat membuat rambut menjadi lebih kuat. Sebab konsumsi protein yang cukup dapat merangsang produksi keratin, yaitu protein yang dibutuhkan untuk mencegah rambut rontok.

  3. Pembentukan hormon

    Protein terlibat dalam pembentukan beberapa hormon. Senyawa ini membantu mengendalikan fungsi tubuh karena melibatkan interaksi beberapa organ. Insulin adalah contoh hormon yang mengatur gula darah di mana hal ini melibatkan interaksi organ seperti pankreas dan hati.

  4. Mendukung proses kimia di dalam tubuh

    Protein merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh sehingga angka kecukupannya harus sangat diperhatikan. Hampir semua proses kimia dalam tubuh membutuhkan protein. Berbagai molekul kecil dan ion-ion dalam tubuh diangkut oleh protein.

  5. Antibodi

    Protein membentuk antibodi yang membantu mencegah infeksi dan penyakit. Selain itu, protein juga membantu mengidentifikasi dan menghancurkan bakteri dan virus. Senyawa ini juga sering bekerja sama dengan sel sistem kekebalan lainnya.

    Perlu diketahui bahwa sumber protein hewani adalah daging, telur, susu, ikan, keju dan lain sebagainya. Sementara sumber protein nabati banyak terdapat pada biji-bijian, kacang-kacangan, gandum, dan sayuran.

Meski protein memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh, namun jangan sampai Anda berlebihan mengonsumsi protein. Dampak buruk terlalu banyak protein antara lain adalah sakit perut, kembung, diare, tekanan darah tinggi, asam urat, serta menyebabkan hati dan ginjal bekerja lebih berat.

[BA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar