Sukses

Kiat Mengatasi Anak Rewel Saat Tumbuh Gigi

Rasa tidak nyaman akibat tumbuh gigi, dapat timbul sejak bayi berusia 3 bulan. Apa yang dapat dilakukan untuk mengatasi si kecil yang rewel

Klikdokter.com, Jakarta Awal dari pertumbuhan gigi mulai bisa dirasakan sejak bayi berusia 3 bulan. Gusi di area sekitar gigi yang akan tumbuh biasanya bengkak, kemerahan dan terasa nyeri. Tentunya, ini menimbulkan rasa tidak nyaman yang kerap membuat si kecil rewel, tidak mau menyusu atau sulit terlelap. Lalu, bagaimana trik untuk mengatasi anak rewel saat tumbuh gigi?

Keluhan dan tanda si kecil sedang tumbuh gigi antara lain keluar banyak air liur (ngeces), gusi bengkak, merah, terasa nyeri, suka menggigit atau mengunyah benda keras, rewel atau gelisah, hingga sulit tertidur atau kerap terbangun saat tidur malam.

Cara berikut dapat Anda coba untuk mengurangi keluhan si kecil saat sedang tumbuh gigi.

  • Pijat atau tekan-tekan gusi si kecil.

    Gunakan jari Anda—yang telah dibersihkan atau dibungkus dengan kasa steril yang telah dilembapkan air matang—untuk memijat gusi si kecil. Tekanan pada gusi akan mengurangi nyeri dan rasa tidak nyaman yang timbul.

  • Gunakan benda yang telah didinginkan (bukan dibekukan).

    Lap, sendok, atau teether (mainan untuk digigit-gigit) yang telah didinginkan dapat mengurangi bengkak dan nyeri pada gusi. Jangan memberikan teether yang dibekukan karena dapat merusak gusi.

  • Berikan benda keras untuk digigit atau dikunyah.

    Berikan teether yang keras atau camilan untuk digigit-gigit seperti crackers. Jika si kecil sudah mengonsumsi makanan padat, Anda dapat memberikan timun, wortel kukus atau buah-buah potong yang telah didinginkan terlebih dulu.

  • Bersihkan air liur.

    Air liur yang berlebihan dapat menyebabkan kulit iritasi. Oleh sebab itu, selalu keringkan dengan kain bersih atau pakaikan cukin (slabber) pada si kecil. Anda dapat pula menggunakan pelembap khusus bayi agar kulit tidak teriritasi atau kering akibat terkena air liur.

  • Gunakan antinyeri bila perlu.

    Ketika anak sangat rewel dan gelisah, parasetamol atau ibuprofen dapat digunakan. Akan tetapi, sebaiknya tanyakan terlebih dulu kepada dokter anak Anda terkait penggunaan obat-obatan ini.

  • Pertahankan rutinitas sebelum tidur seperti biasanya.

    Tumbuh gigi dapat mengganggu waktu tidur si kecil atau membuatnya kerap terbangun di malam hari. Buat si kecil merasa nyaman, saat ia rewel, tanpa mengubah rutinitas tidur yang biasa dilakukan. Karena jika pola tidur berubah, meski hanya beberapa hari, si kecil dapat mengalami gangguan tidur.

Keluhan-keluhan saat si kecil tumbuh gigi biasanya dapat diatasi di rumah. Suhu tubuh memang dapat meningkat sedikit, tetapi tidak akan mencapai 38oC atau lebih.

Jika lebih dari itu, apalagi jika si kecil juga mengalami muntah atau diare saat tumbuh gigi, segera hubungi dokter anak Anda untuk mengatasi anak rewel saat tumbuh gigi. Keluhan-keluhan itu kemungkinan disebabkan oleh kondisi lain yang tidak berhubungan dengan pertumbuhan gigi.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar