Sukses

Kualitas Dokter Gigi Indonesia Sudah Standar ASEAN

Dokter gigi Indonesia telah memiliki standar yang tak diragukan, lho.

Klikdokter.com, Jakarta Tingkat kesadaran masyarakat Indonesia terkait kesehatan gigi cenderung masih rendah. Padahal, sebagian besar masalah di tubuh bisa dideteksi secara dini melalui rongga mulut Anda.

Saat ini, teknologi dan pendidikan di Indonesia termasuk ilmu kedokteran gigi telah berkembang pesat. Menurut Sekjen Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), drg. Diono Susilo, MPH, saat ini kualitas dokter gigi di Indonesia telah mencapai standar ASEAN.

Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes) mencatat saat ini jumlah dokter gigi di Indonesia sekitar 28.880 dengan perawat gigi sekitar 15.000. Dan penyebarannya terhadap populasi penduduk masih dalam angka perbandingan 0.097:1000.

Tentu hal ini menjadi kendala tersendiri bagi masyarakat untuk mengakses dokter gigi. Padahal masalah mulut dan gigi yang diabaikan dapat memicu penyebaran hal buruk lainnya dalam tubuh bahkan bisa menyebabkan kematian.

Edukasi Masyarakat lewat Pameran

Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga kesehatan mulut dan gigi adalah dengan melakukan pameran. Pameran bertajuk Indonesia Dental Exhibition & Conference (IDEC) ini merupakan hasil kerja sama dari sejumlah pihak termasuk PDGI dan Kemenkes.

Acara ini digelar selama 3 hari mulai 15-17 September 2017 di JCC Senayan. Ada sekitar 230 both yang menampilkan kecanggihan teknologi di bidang kesehatan mulut dan gigi.
“Jadi pameran ini juga ditujukan agar para dokter gigi kita terpacu untuk menggunakan teknologi terbaru,” kata Diono yang merupakan ketua IDEC 2017.

Apresiasi lainnya juga disampaikan oleh Ketua PB PDGI, Dr. Sri Hananto Seno, drg, MM, Sp.BM. ia mengajak seluruh pihak terkait termasuk masyarakat untuk menjadikan pameran ini sebagai ajang meningkatkan wawasan dan kepedulian terhadap kesehatan gigi dan mulut.

“Terlebih dalam pameran ini menyajikan seminar-seminar ilmiah dengan topik yang menarik. Antara lain mengenai penyakit gigi, dan mulut yang tadinya dianggap bukan penyebab kematian,” tuturnya.

Melihat kualitas dokter gigi Indonesia yang sudah tidak perlu diragukan lagi, maka segera periksakan masalah gigi Anda minimal 6 bulan sekali ke dokter gigi. Jangan sampai menyesal di kemudian hari, karena banyak penyakit berbahaya yang justru berawal dari gigi yang tidak terawat dengan baik.

[DA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar