Sukses

Cegah Eksim pada Bayi dengan Konsumsi Probiotik saat Hamil

Tahukah Anda bahwa konsumsi probiotik selama hamil bisa mencegah bayi punya bakat eksim?

Klikdokter.com, Jakarta Hobi makan yoghurt? Selain enak, produk olahan susu ini juga mengandung probiotik atau bakteri baik, yang sangat bermanfaat bila Anda konsumsi saat hamil. Salah satu kebaikan konsumsi asupan yang mengandung probiotik saat hamil adalah menurunkan risiko eksim pada calon bayi.

Eksim atau dermatitis atopik merupakan penyakit yang dapat disebabkan berbagai faktor. Mulai dari faktor genetik, infeksi, makanan, alergen, dan lingkungan. Kondisi ini memberikan gejala berupa gatal berulang, kemerahan dan kulit kering pada penderitanya.

Salah satu cara yang dianggap paling menjanjikan untuk mencegah eksim adalah pemberian probiotik. Penelitian yang dipublikasikan di Journal of Pharmaceutical Sciences melaporkan bahwa asupan probiotik yang dikonsumsi selama hamil terbukti bermanfaat dalam menurunkan kejadian eksim pada bayi baru lahir.

Penelitian tersebut menyimpulkan bahwa asupan yang mengandung probiotik tidak hanya perlu dikonsumsi selama hamil, namun juga bisa diteruskan hingga masa menyusui, atau bahkan hingga bayi berusia satu tahun.

Kesimpulan pada penelitian di atas dibenarkan oleh studi lain yang dipublikasikan di Journal of Pediatrics. Studi ini menyebutkan bahwa pemberian probiotik pada ibu dari bayi yang berisiko tinggi mengalami eksim selama 2-4 minggu, dan kemudian dilanjutkan hingga bayi berusia 6-12 bulan, menunjukkan angka dermatitis atopik yang menurun.

Sejalan dengan penelitian-penelitian di atas, The Food and Drug Organization of the United Nations (FAO) dan World Health Organization (WHO) juga menyebutkan bahwa probiotik merupakan mikroorganisme hidup, yang bila dikonsumsi dalam jumlah tepat dapat memberikan sederet manfaat sehat.

Jadi, jika Anda sedang hamil dan tidak ingin calon jabang bayi terkena eksim, cobalah untuk mengonsumsi yoghurt atau makanan yang mengandung probiotik lainnya dalam jumlah cukup. Tidak perlu ragu, karena asupan yang satu ini juga dapat menjaga kesehatan saluran cerna Anda!

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar