Sukses

Kapan Harus ke Dokter Saat Keringat Berlebih?

Keringat berlebih tentunya sangat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari, namun kapan sebaiknya menemui dokter untuk mengatasi masalah ini?

Klikdokter.com, Jakarta Berkeringat adalah kondisi alami yang terjadi pada semua orang sebagai efek dari metabolisme tubuh. Anda tak perlu khawatir karena dengan berkeringat menandakan bahwa Anda sehat. Akan tetapi, jumlah keringat setiap orang berbeda-beda. Ada tipe orang dengan keringat berlebih dan ada yang biasa saja.

Namun kadang juga ditemukan kondisi keringat berlebih yang disebut hiperhidrosis. Pada kondisi tersebut, keringat bisa keluar dari seluruh tubuh, bahkan telapak tangan, kaki dan ketiak. Ketika Anda berkeringat berlebihan meskipun tidak sedang berolahraga dan cuaca tidak terlalu panas, tentu Anda merasa tidak nyaman. Kondisi ini akan sangat mengganggu kehidupan sosial Anda sehari-hari.

Sistem pengaturan suhu tubuh yang menghasilkan keringat berlebih biasanya terjadi secara tiba-tiba. Penyebabnya bisa jadi berupa efek samping dari obat atau gejala penyakit, seperti menopause, gula darah rendah, kanker darah, serangan jantung atau penyakit menular.

Untuk mengetahui penyebab pasti kondisi ini, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter. Berikut ini beberapa gejala Anda mengalami hiperhidrosis:

  • Berkeringat lebih banyak dari biasanya secara menyeluruh dan bukan hanya di bagian tertentu.
  • Kondisi produksi keringat sudah mulai mengganggu aktivitas sehari-hari.
  • Keringat cenderung dingin di malam hari dengan alasan tak jelas dan sering kali kondisi kasur sangat basah tanpa disadari.
  • Berkeringat disertai dengan keluhan lain, seperti tidak bisa tidur, sering merasa haus, sering buang air kecil, batuk atau lelah.

Apabila Anda tidak memiliki riwayat mengonsumsi obat atau memiliki keluhan keringat berlebih seperti yang disebutkan di atas, tak ada salahnya untuk memeriksakan diri ke dokter dengan melakukan pemeriksaan kesehatan secara keseluruhan. Selain itu, terapkanlah gaya hidup sehat dengan pola makan sehat dan olah raga teratur.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar