Sukses

Percakapan Mendalam, Kunci Kebahagiaan Si Introver

Seorang introver cenderung tertutup dan jarang membuka obrolan dengan orang lain. Lalu bagaimana ia memperoleh kebahagiaan?

Klikdokter.com, Jakarta Dikutip dari psychologytoday.com, seorang psikolog bernama Matthias Mehl meneliti mengenai kebahagiaan dan hubungannya dengan percakapan yang mendalam. Penelitian yang diterbitkan di jurnal Psychological Science ini melibatkan sejumlah mahasiswa dengan memakaikan alat perekam di kerah bajunya.

Periset mengelompokkan sejumlah percakapan menjadi obrolan ringan, misalnya, berbicara tentang cuaca dan acara TV, serta obrolan yang lebih substantif seperti berbicara tentang filsafat, hingga berita terkini, dan lain-lain. Dari sini dapat terlihat bahwa sekitar sepertiga dari percakapan mahasiswa dianggap substantif, sementara yang lainnya terdiri dari obrolan ringan

Orang yang paling bahagia dalam penelitian ini cenderung memiliki percakapan yang lebih substantif ketimbang yang hanya melakukan obrolan ringan

Bahagia dengan perbincangan mendalam

Mehl mengungkapkan, percakapan substantif ternyata berkaitan dengan kebahagiaan, karena setiap manusia didorong untuk bisa menciptakan makna dalam kehidupannya. Dan percakapan substantif membantu untuk melakukan hal itu.

Manusia, terlepas dia introver maupun ekstrover, menurut Mehl adalah ‘hewan sosial’ yang pada dasarnya memiliki kebutuhan untuk menjalin hubungan dengan orang lain. Karenanya, percakapan substantif membuat seseorang menjadi terhubung dengan yang lainnya. Sedangkan obrolan ringan justru sebaliknya.

Meski demikian, Anda tidak akan benar-benar menghilangkan obrolan ringan, karena hal ini pasti akan Anda temui dalam kehidupan.

Obrolan ringan dapat membantu Anda menyelidiki topik apa yang menarik untuk dibicarakan. Agar pribadi introver dapat bahagia, langkah termudah yang bisa dilakukan yakni meminimalkan obrolan ringan dan memaksimalkan pembicaraan mendalam.

Terlepas dari bagaimana cara setiap orang memperoleh kebahagiaan, pembicaraan mendalam sebenarnya bagus untuk seorang introver ataupun ekstrover. Namun, satu hal yang pasti: kebahagiaan dan interaksi selalu berjalan beriringan.

[DA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar