Sukses

Sakit Mag? Hindari 4 Makanan Ini!

Jika Anda punya sakit mag, Anda tidak boleh lagi makan sembarangan. Di bawah ini adalah 4 jenis makanan yang harus Anda hindari.

Klikdokter.com, Jakarta Jika Anda menderita sakit mag, Anda sudah harus menjaga pola makan dengan benar. Hal tersebut penting Anda lakukan untuk membantu mengurangi keluhan nyeri akibat naiknya asam lambung.

Pola makan yang disarankan bagi penderita mag adalah sedikit tapi sering. Tujuan pola makan ini untuk mencegah lambung kosong, yang sering mengakibatkan rasa nyeri.

Selain jam makan yang harus diatur, jenis makanan yang dikonsumsi pun harus diperhatikan. Apa saja makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita mag?

  1. Makanan yang banyak mengandung gas

    Produksi gas berlebih pada lambung akan menimbulkan sensasi begah, dan dapat memperburuk kondisi sakit mag Anda. Ada beberapa makanan pemicu produksi gas dalam lambung, seperti lemak hewani, sawi, kol, nangka, pisang ambon, kedondong, minuman bersoda, dan buah yang dikeringkan.

  2. Makanan yang meningkatkan asam lambung

    Peningkatan asam lambung harus dikendalikan dengan obat dan menjaga pola makan. Hindarilah makanan-makanan yang dapat memicu munculnya asam lambung seperti kopi, minuman beralkohol, buah seperti sitrus, dan anggur putih.

  3. Makanan yang sulit dicerna

    Sebaiknya Anda menghindari makanan yang sulit dicerna lambung – seperti makanan berlemak, keju dan kue tart – karena akan memperberat kerja organ tersebut. Untuk itu, konsumsilah makanan yang lebih mudah dicerna, dengan cara sedikit tapi sering, sesuai prinsip makan untuk penderita mag.

  4. Makanan yang dapat merusak dinding lambung

    Anda juga perlu menghindari makanan atau minuman yang bersifat asam (acid), makanan pedas, berbumbu kuat, serta mengandung cuka dan merica. Mengonsumsi makanan atau minuman tersebut dapat merusak dinding lambung, sehingga bisa berakibat serius seperti terjadinya tukak lambung.

Bagi Anda yang menderita sakit mag, menjaga pola makan adalah kunci utama pengobatan. Namun, pada beberapa kondisi, pola makan saja tidak cukup. Pengobatan harus dikombinasikan dengan obat-obatan mag dari dokter yang menangani penyakit Anda.

[BA/ RVS]

5 Komentar